Friday, 3 May 2024
HomeBeritaMenjaga Elektabilitas, Anies Dideklarasikan Sebagai Capres

Menjaga Elektabilitas, Anies Dideklarasikan Sebagai Capres

Bogordaily.net – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah pendukungnya sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024. Dukungan tersebut datang dari Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES).

Menanggapi hal itu, Analis Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research dan Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai adanya deklarasi tersebut merupakan bagian untuk . Selain itu juga untuk menjaga elektabilitas yang sudah terbentuk.

“Dengan deklarasi tersebut itu bagian upaya menjaga elektabilitas Anies. Bagian upaya untuk , kalau Anies tidak segera deklarasikan maka bisa saja elektabilitas Anies justru turun,” kata Pangi kepada wartawan, Kamis 21 Oktober 2021.

Pangi mengatakan, dengan adanya deklarasi yang dilakukan sejak jauh-jauh hari sebenarnya bagus untuk figur yang akan maju bertarung di Pilpres. Dengan begitu figur tersebut akan bisa dinilai dan dikuliti oleh publik. Namun, terkait dengan apakah deklarasi yang dilakukan murni karena dukungan atau pun pesanan, Pangi menduga dalam politik semua tak ada yang alamiah.

“Apakah relawan bergerak sendiri. Dalam politik tidak ada yang alamiah, ada yang mendesain, ada arsiteknya. Namun apakah digerakkan Anies atau pihak yang punya kepentingan itu soal lain,” tuturnya.

Lebih lanjut, Pangi mengatakan, boleh jadi Anies tak mengetahui adanya deklarasi tersebut. Namun, kata dia, pada akhirnya hal tersebut akan sampai juga ke telinga Anies.

“Tapi banyak pihak yang punya kepentingan untuk melakukan gebrakan semacam itu, dan akan sampai juga ke telinga Anies siapa yang kemaren membiayai deklarasi tersebut,” tandasnya.

Sebelumnya, sekelompok relawan bernama Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) resmi mendeklarasikan Gubernur Anies Baswedan sebagai Calon Presiden untuk Pilpres 2024.

Dukungan kepada Anies ini disampaikan dalam acara Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024 di gedung Joeang 45 Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 20 Oktober 2021.

Koordinator ANIES sekaligus salah satu deklarator, Laode Basir, mengatakan alasan kelompoknya mendukung Anies sebagai Presiden adalah karena rekam jejak selama menjadi Gubernur DKI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Anies juga disebutnya memiliki karakter yang mumpuni sebagai seorang Presiden.

“Ditambah beberapa karakter yang kuat sebagai pemimpin. Di antaranya kemampuan berkomunikasi kepada publik yang persuasif dan menggerakkan, responsif atas berbagai masukan dan kritik atas kebijakannya, serta bersikap santun kepada para pihak yang mencacinya,” ujar Laode di lokasi, Rabu 20 Oktober 2021.

Ketika menjadi Gubernur, Anies juga disebutnya mampu menangani banyak masalah di ibu kota. Sosoknya juga mampu diterima oleh berbagai kelompok dan golongan.

“Selama empat tahun menjadi Gubernur DKI, Anies Baswedan telah berhasil memenuhi sebagian besar janji kampanye yang disampaikan ketika Pilkada,” jelasnya.

Karena alasan itu, Anies dinilai mampu mengatasi masalah bangsa di masa depan. Apalagi nantinya Indonesia harus bisa bangkit dari keterpurukan setelah pandemi Covid-19.

“Berdasar berbagai penilaian itu serta menimbang pilihan nama lainnya, Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menyatakan dukungan penuh bagi pencalonan Anies Baswedan sebagai Presiden dalam Pilpres tahun 2024,” pungkasnya.(sc/sh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here