Tuesday, 22 October 2024
HomeViralViral Video Tali Pocong Hilang Dicuri Malam Jumat Legi, Ini Cerita di...

Viral Video Tali Pocong Hilang Dicuri Malam Jumat Legi, Ini Cerita di Baliknya

Bogordaily.netSebuah video merekam kondisi makam yang porak poranda di area pemakaman umum Desa Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Pada video bertuliskan “Meninggal malam Jumat Legi tali pocong jenazah warga Sidoarjo raib dicuri orang” itu pun viral.

Salah satu akun Tiktok @bangsaonline menggungah kondisi makam. Pada video itu tampak makam bekas dibongkar. Bahkan, jenazah almarhum yang wafat terlihat jelas.

Peristiwa pencurian tali pocong terjadi Selasa, 8 Februari 2022 dini hari.

Alam (28), warga Desa Tulangan menceritakan, hilangnya tali pocong almarhum Siti Kalsum warga Desa Tulangan, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo tersebut pertama kali diketahui oleh salah satu warga yang bernama Masama sekitar pukul 05.30 WIB. Ia melihat ada satu makam dengan kondisi terbongkar.

“Pertama kali saya dengar kabar itu dari tetangga saya, katanya ada makam yang dibongkar dan dicuri tali pocongnya,” kata Alam seperti dikutip Bangsaonline.com, Rabu, 9 Februari 2022.

Pencurian tali pocong itu itu pun kemudian dilaporkan kepada juru kunci makam. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata benar ada yang membongkar makam dan mengambil tali pocong jenazah yang meninggal pada Kamis sore, 3 Februari 2022 atau malam Jumat Legi.

“Ada yang ngambil tali pocong almarhumah mungkin dibuat ngilmu, karena meninggalnya malam Jumat Legi,” paparnya.

Alam menambahkan, makam almarhumah Siti Kalsum sebenarnya sudah dijaga setiap malam sejak dikuburkan. Namun, sekitar pukul 02.00 WIB, penjaga pulang meninggalkan makam dan sekitar pukul 05.30 WIB, makam diketahui telah dibongkar.

“Pagi ketahuan sudah rusak dan tali pocong hilang dua,” terangnya.

Setelah kejadian pencurian tali pocong itu, keluarga menerima dengan ikhlas. Tali pocong bagian atas dan bawah yang hilang akhirnya diganti baru. Selanjutnya makam almarhumah Siti Kalsum sudah dirapikan kembali.

Hingga kini belum diketahui pasti tujuan pelaku mencuri tali pocong. Namun, kuat dugaan tali pocong yang dicuri digunakan untuk ilmu mistis.

Sementara itu hingga Rabu, Februari 2022 malam, video sudah diputar 1,3 juta kali dan mendapat lebih dari 2 ribu komentar warganet. Sebagian besar warganet menyangkan aksi pencurian tali pocong itu.

“Kalau di desaku yang meninggal Jumat Legi makamnya dijaga tujuh hari tujuh malam sama pihak keluarga dan sukarelawan,” ucap seorang warganet.

“Masih ada ya orang senekat itu di zaman sekarang,” ujar warganet lain.

“Waduh, bahaya ini aliran ilmu hitam tingkat tinggi,” timpal yang lainnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here