Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorAntisipasi Penyebaran DBD di Wilayah Bogor Selatan, Ini Pesan Camat

Antisipasi Penyebaran DBD di Wilayah Bogor Selatan, Ini Pesan Camat

Bogordaily.net musim penghujan , membuat sejumlah aparatur wilayah melakukan pencegahan dengan Pembasmi Sarang Nyamuk (PSN) yang dilakukan 16 Kelurahan yang berada Kecamatan Bogor Selatan, .

Camat Bogor Selatan, Hidayatullah meminta kepada seluruh Kelurahan yang berada Bogor Selatan untuk mengaktifkan kembali kegiatan PSN tersebut. Pasalnya kegiatan PSN itu menjadi salah satu upaya yang harus lakukan setiap wilayah.

“Untuk kegiatan setiap Kelurahan kita ada Jumat Bersih (Jumsih), ada juga Minggu bersih (Mingsih) dan itu dilakukan di 16 Kelurahan yang ada di Bogor Selatan,” kata Camat Bogor Selatan, Hidayatullah kepada bogordaily.net, Kamis 10 Maret 2022.

Lebih lanjut, Hidayatullah mengatakan, kepada pihak Kader Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk terus bergerak di setiap wilayah untuk melakukan edukasi kepada warga.

“Karena upaya itu efektif membunuh jentik nyamuk dan itu adalah hal utama adalah untuk Pembasmi Sarang Nyamuk (PSN). Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, terkait pelaksanaan fogging banyak warga mengetahui sudah di anggap cukup untuk memberantas penyakit yang di tularkan oleh nyamuk.

Namun, nyatanya fogging itu hanya membunuh nyamuk saja bukan jentiknya. Dan pihaknya akan terus menggandeng gerakan kemanusiaan dari stakeholder. Sehingga, pencegahan penyakit DBD bisa dihindari.

“Terkadang juga karena mungkin keterbatasan kita juga bisa menggandeng gerakan kemanusiaan dari stakeholder yang lain. Itu kalo di anggap sudah cukup dilakukan fogging, karena fogging itu terakhir tapi yang utama adalah pembasmi jentiknya. Fogging tidak membunuh jentik hanya membunuh nyamuk nya,” jelasnya.

Oleh karena itu, Hidayatullah menjelaskan, kepada masyarakat untuk membersihkan Sanitasi saluran air, akuarium, kaleng – kaleng, maupun genangan air.

“Ya warga harus sering membantu untuk membersihkan sanitasi saluran air, akuarium, kaleng kaleng genangan yang ada di warga itu yang harus di selesaikan. Makanya kegiatan PSN itu menjadi cukup efektif yang harus di lakukan,” ungkapnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here