Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaKeutamaan Salat Tarawih di Malam ke-15 di Bulan Ramadan

Keutamaan Salat Tarawih di Malam ke-15 di Bulan Ramadan

Bogordaily.net – Bulan Ramadan memasuki malam hari ke-14 dan malam ke-15. Dalam setiap malamnya, umat islam berbodong-bondong mengerjakan salat tarawih. Memasuki malam ke-15, ada keutamaan dalam salat tarawih malam ke-15.

Salah Tarawih adalah salah satu ibadah khas saat Ramadan. Bulan spesial Ramadan merupakan bulan suci yang dinanti kedatangannya. Di dalamnya terdapat sejumlah keutamaan di antaranya adalah mengerjakan Salat Tarawih.

Allah akan mengampuni orang-orang yang memunajat ampunan kepada-Nya, meningkatkan ketaqwaannya, memberi imbalan yakni pahala bagi orang yang ikhlas mengerjakan sholat tarawih. Sungguh sangat rugi bagi kita yang meninggalkannya.

Dari Abu Hurarirah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan atas dasar iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).

Pada hari ke-15 bulan Ramadan ini, adalah akan mendapatkan permohonan ampun dari para malaikat. Keterangan itu terdapat pada kitab Durratun Nasihin karya Syekh Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakir al-Khaubawiyyi.

“Pada Malam yang kelimabelas para malaikat dan para malaikat penyangga Arasy dan para malaikat penjaga Kursi Kerajaan Langit pada memintakan ampunan pada orang yang Salat Tarawih,” tulis Syekh Utsman dalam kitabnya.

Masjid menjadi pilihan utama dalam mengerjakan Salat Tarawih. Namun, jika tidak memungkinkan karena ada bencana atau halangan tertentu, maka mengerjakannya di rumah bisa menjadi pilihan.

Cara mengerjakannya pun bisa dengan sendiri-sendiri atau berjamaah dengan anggota keluarga di rumah. Hal itu karena sesungguhnya tidak ada aturan yang mewajibkan mengerjakan Salat Tarawih berjamaah.

Salat Tarawih tak harus di masjid. Seturut protokol kesehatan di tengah wabah virus corona COVID-19 ini, mengerjakan salat Tarawih secara berjamaah di masjid dapat menimbulkan bahaya, yaitu penularan. Penularan virus corona begitu cepat dimungkinkan melalui cipratan doplet antar-manusia.

Semua orang berlomba-lomba untuk beribadah kepada Allah SWT, berbuat kebaikan, dan beramal sholeh, karena bulan Ramadan adalah bulan suci penuh berkah. Itulah tadi pada malam ke-15.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here