Monday, 29 April 2024
HomeBeritaBerlimpah Berkah! Ini Waktu Pelaksanaan dan Keutamaan Puasa Syawal

Berlimpah Berkah! Ini Waktu Pelaksanaan dan Keutamaan Puasa Syawal

Bogordaily.net– Setelah Ramadan, kini umat muslim memasuki bulan Syawal. Umat muslim disunahkan Syawal yang dilaksanakan selama enam hari setelah Ramadan. Meski hukumnya sunah, tetapi Syawal sangat dianjurkan untuk dilaksanakan demi mendapat keberkahan yang melimpah. Tak hanya itu, keutamaan Syawal juga sangat sayang jika dilewatkan.

Untuk melaksanakannya, bisa diawali dengan mengucapkan niat Syawal yang disampaikan di dalam hati dengan pikiran dan hati yang benar-benar berniat. Namun jika ingin dilafalkan, berikut bacaan niat syawal yang digunakan.

“Nawaitu shauma syahri syawal sunnatan lillahi ta'ala”.

Artinya:

“Saya niat bulan Syawal, sunnah karena Allah SWT.”

Dalam pelaksanaannya, sebenarnya bisa dilakukan setelah Ramadan, selama masih di bulan Syawal. Namun dianjurkan untuk melaksanakan ini pada tanggal 2 Syawal, atau sehari setelah hari raya Idul Fitri tiba.

Pada konteks Idulfitri 2022, maka Syawal bisa dilaksanakan pada 3 Mei 2022, hingga enam hari kedepan. Jika memang tidak dapat dilaksanakan pada hari dan tanggal tersebut, selama masih berada di bulan Syawal hal ini masih diperbolehkan dan tetap mendapat keutamaan yang bisa diperoleh.

Keutamaan Syawal

Syawal diibaratkan sama seperti amalan salat sunah rawatib setelah salat fardu. Dengan amalan puasa Syawal, Allah akan menyempurnakan pahala puasa Ramadan.  Pahala puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan puasa setahun penuh.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka pahala yang dia dapatkan seperti orang yang berpuasa setahun penuh.”***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here