Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaKenali 5 Tanda Jika Terlalu Banyak Minum Susu!

Kenali 5 Tanda Jika Terlalu Banyak Minum Susu!

Bogordaily.net adalah sumber kalsium dan sangat baik bagi pertumbuhan tulang. Tapi apakah kamu tahu, justru bahwa minum terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang cukup serius?

Menurut Dietary Guidelines for Americans 2010, mereka merekomendasikan bahwa setidaknya bagi orang dewasa minum tidak lebih dari 3 cangkir atau setara dengan 732 ml/hari.

Dikutip dari Yoursay, berikut 5 hal dampak minum terlalu banyak:

1. Sebabkan Kembung

Jika terlalu banyak dapat sebabkan masalah pencernaan seperti diare, kembung, dan perut kram. Hal ini terjadi jika tubuh tidak dapat memecah laktosa dengan baik, dimana laktosa bergerak melalui sistem pencernaan dan akan dipecah oleh bakteri usus.

Oleh karena itu, hal tersebut dapat menyebabkan perut kembung yang mungkin akan menjalar ke masalah pencernaan lainnya.

2. Mual dan Muntah

Menurut American National Institutes of Health, sebanyak 65% orang dewasa memiliki berbagai macam bentuk intoleransi laktosa, dimana tubuh tidak dapat menerima laktosa.

Mual adalah salah satu gejala terbesar atau respon penolakan tubuh terhadap laktosa, dan muntah akan terjadi setelah mengkonsumsi yang mengandung laktosa.

3. Menurunkan Masa Tulang

Seperti yang kita ketahui, bahwa dapat memperkuat tulang, akan tetapi juga dapat menyebabkan peradangan pada tulang. Mengkonsumsi terlalu banyak justru akan memiliki resiko patah tulang dan tulang rapuh lebih tinggi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The British Medical Journal pada 2014, menemukan bahwa minum berlebihan akan meningkatkan risiko patah tulang lebih tinggi pada wanita, dibandingkan dengan wanita yang minum sedikit .

Oleh karena itu, untuk mengganti susu sebagai penguat tulang ada baiknya mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium.

4. Resiko Tinggi untuk Terkena Penyakit Kardiovaskular

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The British Medical Journal pada 2014, menemukan bahwa terlalu banyak minum susu dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian serta penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita.

Peneliti menemukan, wanita yang minum susu lebih dari tiga gelas sehari memiliki risiko dua kali lipat terhadap kematian dan penyakit kardiovaskular, dibandingkan dengan wanita yang minum susu satu gelas sehari.

5. Menimbulkan Jerawat

Ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan yang tidak dapat ditoleransi, maka akan menyebabkan peradangan. Peradangan akan menyerang berbagai macam organ tubuh, salah satunya melalui kulit.

Sebuah studi Dermatologis Klinis, Kosmetik dan Investigasi menemukan, bahwa produk susu penuh lemak dikaitkan dengan jerawat sedang dan parah. Baik itu susu murni, susu rendah lemak, dan susu apapun itu tetap secara positif dapat dikaitkan dengan jerawat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here