Tuesday, 30 April 2024
HomeEkonomiFaktor Produksi dan Pakan Mahal Bikin Harga Cabai dan Telur Melonjak

Faktor Produksi dan Pakan Mahal Bikin Harga Cabai dan Telur Melonjak

Bogordaily.net cabai dan telur saat ini sedang mengalami kenaikan. Bahkan kedua komoditas tersebut akhir-akhir mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (), Abdullah Mansuri, menyebut cabai semua jenis mengalami kenaikan dalam dua minggu ini. Kenaikan ini, kata dia disebabkan produksi cabai yang lebih sedikit dibandingkan permintaan.

Berdasarkan data Pusat Informasi Pangan Strategis Nasional (PIHPS) pada hari ini, Senin, 6 Juni 2022 secara nasional semua jenis cabai di pasar tradisional mengalami kenaikan yang di antaranya cabai rawit merah naik 12,17% jadi Rp75.600/kg, cabai merah besar naik 2,88% jadi Rp59.000/kg, cabai merah keriting naik 5,5% jadi Rp57.100/kg, dan cabai rawit hijau naik 6,9% jadi Rp57.300/kg.

“Cabai sudah 2 minggu ini mengalami kenaikan ini karena faktor produksi,” ujarnya dikutip Suara.com.

Lebih lanjut dia menyebut, kenaikan telur ayam disebabkan pakan ayam mengalami kenaikan. Dengan ongkos produksi yang naik, maka peternak mau tidak mau menaikkan telur Ayam.

Jika dilihat data PIHPS, kenaikan telur ayam di semua provinsi terus berlangsung mulai dari akhir Mei dan hingga Juni dengan harga hari ini mencapai Rp29.150/kg.

“Telur ini secara nasional tinggi harganya, pakan ternak memang lagi tinggi,” sambungnya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal , Reynaldi Sarijowan meminta pemerintah untuk segera menyikapi kenaikan harga cabai dan telur. Apalagi, sambungnya, menjelang Idul Adha permintaan akan kembali melonjak.

Ia mengungkapkan, saat ini pedagang sayur mayur mulai malas menjajakan cabai di pasar, karena harganya terus meninggi.

“Persoalan pangan kita ini nggak bisa dibilang data stok pangan kita cukup, tetapi fakta dilapangan harganya bagaimana, apakah ada disparitas harga ini harus segera diatasi, karena sebentar lagi memasuki idul adha,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here