Saturday, 5 October 2024
HomeBeritaTak Hanya untuk Lalapan, Berikut 4 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Tak Hanya untuk Lalapan, Berikut 4 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Bogordaily.net– Daun kemangi biasanya dijadikan pelengkap makanan atau lalapan. Untuk kesehatan, daun kemangi juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin.  Secara umum,manfaat daun kemangi sendiri bisa membantu mempercepat penyembuhan luka, sakit perut, dan beberapa manfaat lain yang akan dijelaskan di bagian berikutnya. Daun kemangi sebagaimana dilansir Suara.com dari Alodokter.com memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan yakni:

Menurunkan stres dan kecemasan

Daun kemangi dapat membantu menurunkan kadar stres dan kecemasan yang dirasakan seseorang. Dengan perannya sebagai adaptogen, tubuh bisa beradaptasi dengan hormon stres lebih baik. Zat yang terkandung di dalamnya juga bisa membuat pikiran menjadi rileks dan tenang, sehingga gangguan kecemasan bisa diminimalisir dampaknya.

Kesehatan pencernaan

Daun kemangi juga bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan yang timbul akibat luka di bagian lambung. Selain itu di saat yang sama, kandungannya membantu menurunkan kadar asam lambung serta meningkatkan pelepasan lendir untuk melindungi dinding lambung.

Mengatasi jerawat

Daun kemangi yang diolah menjadi minyak dipercaya bisa mengatasi jerawat yang muncul. Sifat antibakteri yang ada di dalamnya bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat serta bisa membantu melawan infeksi.

Membantu mencegah kanker

Selain memiliki sifat antioksidan daun kemangi juga memiliki sifat antikanker. Kandungannya dapat melawan sel kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut, hingga kanker kulit. Sebenarnya masih ada beberapa manfaat daun kemangi lain yang bisa didapatkan seperti menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengontrol gula darah, serta pemulihan pasca stroke.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here