Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaJelang Puncaknya, Arab Saudi Sambut Satu Juta Jamaah Haji

Jelang Puncaknya, Arab Saudi Sambut Satu Juta Jamaah Haji

Bogordaily.net–  Mulai Kamis, 7 Juli 2022, bersiap menyambut satu juta jamaah yang bakal menunaikan . Jumlah ini merupakan yang terbesar sejak pandemi Covid-19. Poster penyambutan umat tampak terpasang di beberapa wilayah Mekah. Tampak pula pasukan keamanan mulai berpatroli di kota tersebut.

Dikutip CNN Indonesia, berdasarkan pantauan AFP, mulai terlihat pula jamaah dengan pakaian putih mulai memadati jalanan di Mekkah.

“Ini adalah kebahagiaan. Saya hampir tak percaya saya bisa berada di sini. Saya menikmati setiap momennya,” kata Sudan Abdel Qader Kheder salah satu jamaah yang berada di Mekah kepada AFP.

Kheder adalah satu dari sekitar satu juta jemaah yang diizinkan mengikuti pada tahun ini. Sebanyak 850 ribu di antaranya berasal dari luar negeri. Kata dia, pihak berwenang Saudi, setidaknya 650 ribu jemaah telah tiba di negara itu hingga Minggu, 3 Juli 2022.

Seperti diketahui kini merupakan pertama kalinya mengizinkan satu juta jamaah asing untuk mengikuti sejak pandemi Covid-19. Sebelum pandemi, yakni pada 2019, sekitar 2,5 juta orang diizinkan melakukan .

Kemudian saat pandemi terjadi pada 2020, masyarakat asing dilarang mengikuti ibadah  dan sementara kuota dibatasi hanya sebanyak 10 ribu. Lalu pada 2021, kuota di menjadi 60 ribu tetapi hanya untuk warga Saudi yang telah divaksinasi lengkap.

Nah barulah tahun ini, Arab Saudi memutuskan untuk membuka kuota untuk satu juta orang, termasuk jamaah asing tetapi harus menaati protokol kesehatan ketat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here