Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaPemerintah Singapura Pastikan Keberadaan Gotabaya Rajapaksa Tidak Akan Lama Disana

Pemerintah Singapura Pastikan Keberadaan Gotabaya Rajapaksa Tidak Akan Lama Disana

Bogordaily.net – Mantan Presiden Gotabaya Rajapaksa diketahui kabur ke . Namun, Pemerintah mengatakan bahwa kebaradaan Gotabaya di sini tidak akan lama.

Diketauhui, Gotabaya Rajapaksa (73) meninggalkan negaranya bersama istri dan dua petugas keamanan dengan jet militer pada hari Rabu, 13 Juli 2022 lalu dan pergi ke Maladewa, dan setelah itu menuju ke .

Menurut sumber-sumber, otoritas di telah memberi tahu Rajapaksa bahwa dia memiliki izin untuk tinggal selama 15 hari saja, dan tidak akan bisa diperpanjang.

Sumber-sumber tersebut mengatakan, Rajapaksa tidak jelas tentang rencananya setelah 15 hari ke depan. Sebelumnya diberitakan bahwa Rajapaksa akan menuju Jeddah, Arab Saudi setelah singgah di .

Sumber mengkonfirmasi kepada News18.com Rajapaksa juga telah mendekati India, tetapi pemerintah India telah menolak permintaannya. Hal itu lantaran India tidak ingin terlihat melawan rakyat .

Sebelumnya, pekan lalu, Rajapaksa mengumumkan tentang keputusannya untuk mundur pada 13 Juli 2022, setelah ribuan pengunjuk rasa menyerbu kediaman resminya. Massa demonstran menyalahkan Rajapaksa atas krisis ekonomi yang telah membuat negara bangkrut. Rajapaksa kemudian melarikan diri ke Maladewa sebelum menyampaikan pengunduran dirinya lewat email.

Dari Maladewa, dia pergi ke pada Kamis, 14 Juli 2022 lalu.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Singapura mengatakan bahwa Rajapaksa telah “diizinkan masuk ke Singapura dalam kunjungan pribadi”.

Menurut juru bicara tersebut, Rajapaksa “tidak meminta suaka dan dia juga tidak diberikan suaka”.

Pada Jumat, 15 Juli 2022 pagi waktu setempat, Ketua Parlemen , Mahinda Yapa Abeywardena secara resmi mengumumkan Rajapaksa telah mundur.

“Saya telah menerima surat pengunduran diri yang dikirim oleh Presiden Rajapaksa. Dengan demikian, Presiden telah mengundurkan diri efektif mulai 14 Juli,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here