Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaMadrasah Dibom ISIS, Ulama Top Taliban Tewas

Madrasah Dibom ISIS, Ulama Top Taliban Tewas

Bogordaily.net–  Sebuah madrasah di Ibu Kota Kabul, Afghanistan, diterjang bom bunuh diri. Akibat serangan bom tersebut seorang ulama ternama , Rahimullah Haqqani, tewas, Kamis, 11 Agustus 2022.

Dilansir CNN Indonesia, Haqqani terkenal karena pidatonya yang berapi-api melawan teroris . Sebelumnya ia selamat dari dua upaya pembunuhan, termasuk satu insiden di Pakistan pada Oktober 2020.

“Madrasah Sheikh Rahimullah menjadi sasaran teroris hari ini dan akibatnya dia (Haqqani) dan salah satu saudaranya mati syahid,” kata juru bicara kepolisian Kabul Khalid Zadran kepada AFP.

Menurut Zadran tiga orang lainnya juga terluka dalam ledakan itu. Sebelumnya ia juga menyebut hanya Haqqani yang tewas dan empat lainnya terluka.

Juru bicara rezim , Bilal Karimi, mengkonfirmasi kematian Haqqani yang terjadi akibat serangan yang dilakukan oleh musuh pengecut. Namun, Karimi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Beberapa jam kemudian, ISIS mengklaim serangan yang menargetkan Haqqani itu melalui saluran telegramnya. ISIS mengakui pelaku bom bunuh diri telah meledakkan rompi peledaknya di dalam sekolah ulama tersebut.

Sementara itu Haqqani merupakan salah satu pendukung paling terkemuka untuk dan salah satu yang terbesar dari mereka yang menghasut untuk memerangi ISIS, menurut kelompok teroris itu melalui pernyataan yang diterjemahkan kelompok pemantau organisasi radikal SITE.

Sejumlah sumber mengatakan meskipun Haqqani tidak memegang posisi resmi di pemerintahan, ia adalah seorang tokoh berpengaruh yang telah mengajar banyak anggota kelompok itu selama bertahun-tahun.

Haqqani dikenal karena pidato kemarahannya terhadap ISIS,  telah melancarkan sederet serangan mematikan di Afghanistan sejak kembali berkuasa pada Agustus 2021 lalu.

Dalam beberapa bulan terakhir, Haqqani juga secara terbuka mendukung hak anak perempuan untuk bersekolah. Padahal, terkenal mengekang hak perempuan dan tak mengindahkan hak asasi manusia dengan dalih hukum Islam menurut tafsiran mereka.

Sementara itu sebelumnya ledakan juga terjadi pada Selasa, 9 Agustus 2022. Abdul Wali alias Omar Khalid Khorasani, komandan senior Pakistan, Tehreek-e (TTP), tewas dalam ledakan di timur Afghanistan.

TTP mengonfirmasi bahwa mereka memang akan mengumumkan soal kesyahidan seorang pemimpin pusat, tanpa memberikan nama lebih rinci.

Namun, salah satu sumber mengatakan komandan Pakistan yang tewas adalah Abdul Wali. Ia merupakan komandan yang terkenal dengan nama alias Omar Khalid Khorasani.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here