Tuesday, 30 April 2024
HomeKabupaten BogorLestarikan Budaya, Warga Kemang Gelar Festival Kesenian Betawi

Lestarikan Budaya, Warga Kemang Gelar Festival Kesenian Betawi

Bogordaily.net–  Lestarikan budaya, warga , menggelar festival kesenian budaya , Jumat, 19 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur kepada sang pencipta setiap tahunnya dalam musim panen para petani di wilayah .

Ketua pelaksana gelaran budaya , Asdah Hidaytullah menjelaskan bahwa hampir setiap tahunnya, saat musim panen, warga bersama para tokoh masyarakat mengadakan gelaran budaya.

“Kita hampir setiap tahunnya itu syukuran tanda kita bersyukur dari hasil buminya. Memang sekarang agak bergeser, kalau dulu hampir satu desa datang membawa makanan biasa itu tanda syukur ke hasil panennya kalau sekarang bergesernya beda bahkan hasil hasil panen juga menipis,” kata Asdah kepada Bogordaily.net, Jumat 19 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut, kata Asdah, sudah dimulai malam hari sebelumnya yaitu tasyakuran siraman rohani Islam, pada Kamis 18 Agustus 2022 atau malam Jumat.

Kemudian hari ini adalah kegiatan lanjutan sejak pukul 07.00 pagi sampai malam lagi dan ada kesenian tradisional, mulai dari tanjidor hingga pencak silat.

“Nanti rencananya mungkin sore hari ada kendang pencak silat biasanya memang banyak atraksi-atraksi seperti itu tergantung nanti tamu yang datang cuma memang saat ini agak berkurang kalau siang mungkin kalau malam makanya suka disambung malam itu tamu akan datang beda,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan gelaran budaya yang dilakukan sudah menjadi tradisi setiap tahunnya di wilayah . Tentu tujuannya juga untuk melestarikan budaya tradisional agar tidak punah.

Selain itu juga untuk mengenalkan kepada para generasi muda agar ikut serta melestarikan budaya lokal, agar keberadaannya tetap lestari dan bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang.

“Harapan saya lebih dari sekarang karena memang kalau nanti untuk kedepanya kita masa pandemi sudah hampir musnah, kedepanya kita berharap lebih semarak lagi di banding sekarang ini,” tutup Asdah. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here