Friday, 18 October 2024
HomePolitikBawaslu Lakukan Audiensi dengan Menlu, Pengawasan Pemilu Dilakukan Diluar Negeri?

Bawaslu Lakukan Audiensi dengan Menlu, Pengawasan Pemilu Dilakukan Diluar Negeri?

Bogordaily.net – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di luar negeri menjadi hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan audiensi dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, mengatakan pengawasan Pemilu 2024 di luar negeri tidak mudah. Apalagi, katanya, banyak permasalahan saat Pemilu 2019 seperti di Kuala Lumpur, Hong Kong dan wilayah lain.

“Semoga saja masalah-masalah kemarin (Pemilu 2019) tak terulang lagi,” ucap Bagja kepada wartawan, dikutip dari detik.com, Selasa, 6 September 2022.

Pertemuan itu dilakukan di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 2 September 2022. Pertemuan itu juga membahasa tentang kerja sama peningkatan kapasitas Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri (Panwaslu-LN).

“Jadi kita perlu meningkatkan kerja sama dengan para kepala perwakilan dan memberitahukan itu bahwa kami mempunyai standar seperti ini, karakteristik Panwaslu seperti ini. Nah itu yang harus dicari teman-teman kantor perwakilan,” kata Bagja.

Nantinya, Panwaslu-LN akan dipilih oleh kantor perwakilan Kemlu RI yang berlokasi di luar negeri. Dalam mekanisme pembentukan Panwaslu-LN, ayat (3) Pasal 132 Undang Undang 7/2017 menyebutkan Panwaslu-LN dibentuk dan ditetapkan dengan keputusan Bawaslu atas usul kepala perwakilan Republik Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, kata Bagja, Bawaslu juga mengundang Retno untuk hadir dalam acara Global Network on Electoral Justice (GNEJ). Hajatan internasional itu rencananya akan digelar pada tanggal 9-11 Oktober 2022.

“Semoga Bu Menteri bisa hadir, ini event besar internasional. Kami minta kerja samanya untuk menyukseskan acara GNEJ karena kedepan akan banyak hal yang dibicarakan di GNEJ. Bu Menteri berpesan menjaga profesionalism.(*)

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here