Friday, 18 October 2024
HomeEkonomiCara Cek Penerima BLT UMKM eForm BRI Terbaru & Jadwal Pencairan Bantuan

Cara Cek Penerima BLT UMKM eForm BRI Terbaru & Jadwal Pencairan Bantuan

Bogordaily.net – Cara cek penerima BLT UMKM eform BRI melalui HP. Silahkan disimak! Bantuan ini kini sedang ditunggu para pelaku bisnis kecil dan menengah. Kabarnya, BLT UMKM ini akan cair pada Oktober 2022.

Seperti diketahui, bantuan ini merupakan kebijakan pemerintah untuk mendorong UMKM naik kelas. Pemerintah terus menyalurkan bansos kepada masyarakat sesuai ketentuan.

Selain BSU Subsidi Gaji dan BLT BBM, pemerintah saat mulai menggodok penyaluran BLT UMKM Rp1,2 juta. Meski demikian, penyaluran BLT UMKM ini berbeda dengan BLT dan BSU yang sudah dicairkan sebelumnya. Hal tersebut lantaran mekanisme penyaluran BLT UMKM dilakukan langsung oleh pemerintah daerah.

Beredarnya isu pencairan BLT UMKM Rp600 ribu yang dikabarkan sudah mulai cair bulan ini terbantahkan oleh fakta di mana penyaluran BPUM 2022 masih dalam tahap menunggu persetujuan.

Untuk diketahui, anggaran BLT UMKM ini berkisar hingga Rp11 triliun. Hingga kini Kemenkop UKM selaku penyelenggara program masih menunggu persetujuan anggaran dari Kemenkeu RI. Selain itu, sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat hingga Aceh saat ini masih melakukan pendataan UMKM yang berhak menjadi calon penerima BPUM 2022.

Nah, buat kamu yang mau cek apakah nama kamu sudah terdaftar sebagai penerima BLT UMKM Rp1,2 juta, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Namun sebelum cek penerima BLT UMKM, kamu wajib mendaftarkan usahamu di UMKM Mandiri melalui situs berikut ini https://oss.go.id/.

Cara cek penerima BLT UMKM Rp1,2 juta:

Klik https://eform.bri.co.id/bpum bisa lewat HP.
Gunakan KTP yang sebelumnya sudah didaftarkan untuk mengisi data pribadi.
Isi NIK sesuai KTP yang kamu daftarkan ke Mandiri Online.
Masukkan kode verifikasi.
Klik Proses Inquiry.

Jika data yang dimasukkan terdaftar sebagai penerima BLT UMKM, akan tampil hasil pencarian yang berisi informasi bahwa nomor e-KTP kamu sudah terdata sebagai penerima BPUM 2022.

Namun, jika anda tidak termasuk sebagai penerima BLT UMKM tersebut, maka akan muncul pesan ‘Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM’. Meski demikian, saat ini situs tersebut belum bisa dibuka. Menurut keterangan dari BRI jika saat ini belum terdapat informasi lebih lanjut dari Pemerintah terkait pencairan BLT UMKM.

Demikian cara cek penerima BLT UMKM eform BRI. Selamat mencoba!***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here