Tuesday, 30 April 2024
HomeHiburanMoms, Ini 5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak Mengisap Jempol

Moms, Ini 5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak Mengisap Jempol

Bogordaily.net – Mengisap jempol mungkin merupakan kebiasaan yang wajar dan normal bagi bayi karena bisa membuatnya menjadi lebih tenang. Namun, para orangtua tentunya khawatir bila sang sulit untuk melepaskan kebiasaan itu. Jangan khawatir, berikut 5 cara yang bisa orangtua lakukan untuk menghilangkan kebiasaan mengisap jempol.

Meskipun terlihat lucu, namun kebiasaan mengisap jempol yang terus dibiarkan dapat menyebabkan masalah mulut dan gigi pada lho.

Alih-alih didiamkan begitu saja, alangkah baiknya bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan mengisap jempol pada sesegera mungkin. Lebih cepat lebih baik, inilah 5 cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan kebiasaan abak mengisap jempol.

1. Berdiskusi dengan

Beberapa tidak menyadari bahwa menghisap jari adalah kebiasaan yang harus dihilangkan. Tanyakan pada , mengapa ia menghisap jarinya. Apakah rasanya enak? Apakah mereka sadar saat melakukannya? Apakah ada hal yang bisa dilakukan untuk membuat merasa sama nyamannya? Contohnya, seperti memeluk boneka kesayangan.

2. Buat Pengalihan

Saat melihat Si Kecil sedang menghisap jarinya, berikan pengalihan yang ada hubungannya dengan tangan. Misalnya mainan atau bola berbahan lembut dan kenyal atau squishy untuk diremas. Namun, jika menghisap jempol untuk mengatasi kegugupan, maka sebaiknya atasi sumber kecemasan mereka terlebih dulu.

Jika menghisap jempol saat bosan, maka dorong untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Seperti mewarnai gambar, melempar bola, atau kegiatan apa pun yang membuat tangan Si Kecil sibuk.

3. Berikan pujian

Keluar dari kebiasaan mengisap jempol bukanlah sesuatu yang mudah. Maka dari itu, kamu perlu memberikan pujian dan apresiasi bagi mereka, jika memang sudah mampu mengurangi kebiasaannya dalam mengisap jempol.

Nantinya, anak akan merasa senang karena diberikan pujian dan penghargaan atas usahanya. Selain itu, anak pun gak akan ragu mencoba untuk benar-benar menghentikan kebiasaannya dalam mengisap ibu jari.

4. Bawa anak ke dokter gigi

Anak Anda mungkin memerlukan dorongan dari orang lain selain Anda untuk menghentikan kebiasaan mereka mengisap jempol.

Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat janji dengan dokter gigi. Cara ini dilakukan untuk mengajak si kecil berbicara kepada ahlinya tentang pentingnya merawat mulut dan gigi dengan baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here