Tuesday, 22 October 2024
HomeKulinerTokcer! 5 Jenis Makanan untuk Memulihkan Diare dengan Cepat

Tokcer! 5 Jenis Makanan untuk Memulihkan Diare dengan Cepat

Bogordaily.net – Saat mengalami sakit diare, Anda akan merasakan mulas yang diikuti dorongan kuat untuk buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya. Untuk itu, Anda wajib mengetahui lebih lanjut makanan terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh saat diare.

Sebagai cara mengatasi diare saat di rumah, Anda harus ekstra hati-hati dengan asupan makanan.

Ada juga makanan lainnya yang aman dikonsumsi oleh pasien diare. Dilansir dari Insider, simak lima makanan untuk memulihkan diare berikut ini.

1. Telur

Telur termasuk makanan yang aman dikonsumsi saat mengalami diare. Namun, perhatikan cara mengolahnya sebelum mengonsumsi sumber protein ini.

Hindari menggunakan banyak mentega, keju, atau bumbu lainnya saat mengolah telur untuk pasien diare.

2. Sayur Rebus

Saat sedang diare jangan mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. Contohnya seperti sayuran mentah. Karena dapat menyebabkan timbulnya gas dan kembung, hasilnya memperparah diare.

Mundkur menjelaskan kalau saat diare sebaiknya mengonsumsi sayuran rebus. Seperti buncis, kentang, dan wortel yang direbus. Agar tidak hambar, kamu bisa menambahkan sedikit garam dan merica bubuk.

3. Sup

Banyak orang mengatakan kalau makanan berkuah tak baik dikonsumsi saat sedang diare, namun Mundkur mengatakan hal sebaliknya. Ternyata, sup dapat membantu mengisi kembali cairan yang hilang karena diare. Sup juga dapat meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4. Dada Ayam

Saat diare, makanan berlemak perlu dihindari kalau tidak ingin kondisinya tak kunjung sembuh. Untuk mendapatkan asupan protein, kamu bisa memilih daging dada ayam.

Karena, daging dada ayam mengandung rendah lemak. Mundkur merekomendasikan untuk memanggang daging dan menyantapnya tanpa bumbu. Karena, rempah-rempah yang ada pada bumbu dapat mengiritasi sistem pencernaan.

5. Roti Gandum

Salah satu cara mengatasi diare di rumah Ibu bisa menyiapkan roti gandum sebagai sarapan anak. Gandum memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan anak. Ibu bisa mengkreasikan roti gandum sebagai sandwich atau roti bakar.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here