Sunday, 19 May 2024
HomeBeritaTanpa Minum Obat, Ini 5 Cara Menurunkan Demam Alami

Tanpa Minum Obat, Ini 5 Cara Menurunkan Demam Alami

Bogordaily.net–   bisa terjadi karena berbagai faktor. Selain penyakit karena bakteri dan virus, bisa disebabkan cuaca dan suhu panas ekstrem, reaksi setelah imunisasi pada anak, atau efek samping obat-obatan tertentu. Bakteri atau virus tidak dapat bertahan pada suhu tinggi, sehingga tubuh akan meningkatkan suhu untuk melawan bakteri atau virus. Tanpa minum obat, berikut cara untuk menurunkan seperti yang dikutip YourSay.id dari laman Alodokter.com.

Memperbanyak Minum Air Putih

Tubuh akan kehilangan banyak cairan dan menyebabkan dehidrasi saat . Pada kondisi ini Anda sebaiknya lebih banyak minum air putih. Mengutip dari laman Medical News Today, air putih dapat membantu mengembalikan cairan yang hilang akibat sekaligus menetralisir suhu tubuh agar kembali normal.

Mengonsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Vitamin C terdapat pada buah dan sayur, seperti jeruk, jambu biji, tomat, brokoli, bayam, dan lain sebagainya. Kandungan vitamin C dalam buah dan sayur dapat membantu melawan infeksi akibat serangan bakteri dan virus.

Istirahat yang Cukup

Melansir MedicineNet, saat tubuh sedang tinggi maka disarankan untuk memperbanyak istirahat agar sistem imun dapat bekerja secara optimal dalam melawan infeksi akibat bakteri dan virus penyebab tersebut. Jika perlu Anda dapat melakukan bed rest alias istirahat total.

Jaga Suhu Ruangan

Suhu ruangan menjadi salah satu faktor penting dalam penyembuhan. Suhu yang ekstrim seperti terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat sistem imun tidak dapat bekerja secara optimal dan memperpanjang waktu penyembuhan. Oleh sebab itu Anda sebaiknya istirahat pada suhu ruangan yang netral.

Jaga Pola Makan

Sistem imun tubuh akan bekerja dengan optimal saat asupan energi tercukupi, oleh sebab itu Anda harus menjaga pola makan dengan teratur dengan gizi seimbang dan menghindari kebiasaan menunda waktu makan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here