Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaWasit Wanita Pertama, Stephanie Frappart akan Pimpin Laga Piala Dunia

Wasit Wanita Pertama, Stephanie Frappart akan Pimpin Laga Piala Dunia

Bogordaily.net – Catatan sejarah sepak bola ini, akan terjadi saat laga Jerman versus Kosta Rika pada matchday terakhir Grup E di Stadion Al Bayt, Al Khor, Jumat, 2 Desember 2022. Stephanie Frappart sebagai perempuan pertama akan memimpin pertandingan Piala Dunia.

perempuan asal Perancis itu dipercaya untuk memimpin laga Jerman vs Kosta Rika dalam Grup E di Stadion Al Bayt, Qatar, pada Kamis, 1 Desember 2022 atau Jumat 2 Desember 2022 dini hari WIB.

Ini akan menjadi kali pertama dalam sejarah Piala Dunia, ketika sebuah laga timnas pria dipimpin oleh seorang perempuan.

FIFA akan menugaskan tim yang seluruhnya perempuan. Stephanie Frappart (Prancis) akan menjadi utama. Dia menjadi pengadil lapangan wanita pertama di Piala Dunia pria dalam 92 tahun sejarahnya.

Dalam Piala Dunia 2022, FIFA memang mengambil terobosan dengan menyertakan enam perempuan dalam 129 official pertandingan yang diturunkan di Qatar.

Dari keenam perempuan itu, terdapat tiga orang yang diberi tugas sebagai utama, yakni Stephanie Frappart (Perancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang).

Adapun tiga perempuan lainnya akan bertugas sebagai asisten , yaitu Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat). Langkah FIFA ini menorehkan sejarah untuk kali pertamanya Piala Dunia menyertakan perempuan sebagai ofisial pertandingan.

Stephanie Frappart pun mendapatkan kesempatan pertama untuk memimpin pertandingan di Piala Dunia 2022.

Frappart akan dibantu asisten Neuza Back dan Karen Diaz. Frappart akan ditemani oleh Neuza Back (Brasil) dan Karen Diaz Medina (Meksiko).

Belum diketahui siapa yang bertugas sebagai tim Video Assistant Referee (VAR). Namun yang jelas, ketiga perempuan itu akan mencatatkan sejarah di Piala Dunia 2022.

Stephanie Frappart mengatakan sudah mengetahui resiko menjadi perempuan di pertandingan pria. Namun demikian, ia menegaskan akan tetap menjalankan tugasnya dengan professional sebagai pemimpin di lapangan.

“Kami tahu tekanannya,” kata Frappart dilansir dari BBC Internasional, Rabu, 30 November 2022.

“Tapi saya pikir kami tidak akan mengubah diri kami sendiri. Tenang, fokus, konsentrasi, dan jangan terlalu memikirkan media dan segalanya, fokus saja di lapangan,” sambungnya.

“Sejak saya mulai, saya selalu didukung oleh tim, klub, dan pemain. Saya selalu disambut di stadion jadi saya merasa seperti lain di dalam lapangan. Saya selalu diterima, jadi saya pikir saya akan diterima seperti sebelumnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Stephanie Frappart sudah bertugas sebagai ofisial keempat dalam pertandingan Meksiko vs Polandia yang berakhir imbang tanpa gol pada Selasa, 22 November 2022.(*)

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here