Sunday, 29 September 2024
HomePolitikKPU Umumkan Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024 Hari Ini

KPU Umumkan Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024 Hari Ini

Bogordaily.net – Pengundian sekaligus pengumunan nomor urut partai politik (parpol) yang akan menjadi peserta Pemilu 2024 akan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Rabu, 14 Desember 2022.

Pengundian nomor urut akan berlangsung sekitar pukul 19.30 WIB dan dilanjutkan dengan penetapan nomor urut oleh KPU.

“Rabu 14 Desember 2022, mulai jam 19.30 WIB KPU akan menetapkan nomor urut partai politik peserta Pemilu,” ujar Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik dilansir Suara.com.

Menurut Idham, pengundian juga dilakukan untuk parpol baru dan yang tidak memenuhi ambang batas pada Pemilu 2019.

“Bagi peserta parpol peserta pemilu sebelumnya, tapi tidak melampaui angka ambang batas parlemen, maka akan mengikuti pengundian nomor urut bersama pada 14 Desember 2022 bersamaan dengan parpol baru,” jelasnya.

Bagi parpol yang melampaui ambang batas pada Pemilu 2019 kata Idham diperbolehkan memakai momor urut yang lama atau nomor urut yang baru setelah diumumkan besok.

“Diawali dengan pengundian nomor urut bagi partai politik parlemen yang menginginkan nomor urut baru dan bagi partai politik non parlemen dan baru,” ujarnya.

Sebelumnya terlihat, proses tahapan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 tidak mengalami perubahan. Pada 14 Desember 2022, KPU tetap menerapkan kepesertaan parpol peserta pemilu hingga melakukan pengundian nomor urut parpol peserta pemilu.

Penghargaan tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik dalam sebuah diskusi bertajuk ‘Partai Baru vs Partai Lama: Dinamika Pendaftaran, Verifikasi, Partai Politik Peserta Pemilu 2024’ Senin, 5 Desember 2022 lalu.

“Pertama, yang jelas tanggal 14 Desember 2022, sampai saat ini tidak ada perubahan. Pada tanggal 14 Desember 2022 tersebut, kami akan menerapkan kepesertaan parpol peserta pemilu,” ujar Idham.

Menurut Idham, permintaan akan tetap dilakukan pengundian terhadap nomor urut peserta Pemilu 2024 dan diumumkan pada hari yang sama.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordialyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here