Tuesday, 30 April 2024
HomeTravellingTips Aman Liburan dengan Bayi, Cek yuk sebelum Traveling!

Tips Aman Liburan dengan Bayi, Cek yuk sebelum Traveling!

Bogordaily.net–  Berlibur membawa bayi akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Sebab ada hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum membawa si kecil traveling. Agar tetap aman berikut membawa bayi seperti dilansir dari Klikdokter.com:

Periksakan Kondisi Kesehatan Bayi

Menurut Dokter Sepriani Timurtini Limbong memastikan bayi dalam kondisi sehat sebelum bepergian dan tidak mengalami gejala penyakit tertentu, seperti batuk dan pilek penting dilakukan.

“Jangan lupa lengkapi imunisasi sesuai usianya. Kalau perlu, kontrol terlebih dahulu ke dokter atau puskesmas terdekat sebelum bepergian, untuk memastikan bayi benar-benar dalam kondisi yang sehat dan bugar,” ujarnya.

Orang tua sebaiknya konsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan si kecil.

Sesuaikan Waktu Bepergian dengan Jam Tidur Bayi

bersama bayi penting bagi orang tua menyesuaikan waktu bepergian dengan jam tidur bayi. Usahakan untuk tidak pergi terlalu malam karena dapat mengganggu waktu tidur bayi, sehingga ia bisa lebih rewel.

Dokter Sepriani menyarankan agar sebaiknya pergi di pagi hari atau siang menjelang sore.  Selain itu, perhatikan juga jarak dan waktu tempuh. Sebab, akan memengaruhi persiapan selama perjalanan.

Siapkan Perlengkapan Bayi

Siapkan sejumlah perlengkapan sebelum pergi berlibur. Pastikan untuk memasukkan botol minum, popok, tisu basah, minyak telon, losion antinyamuk, tabir surya khusus bayi, obat-obatan, pakaian, dan mainan kecil. Siapkan semua keperluan tersebut dan letakkan di lokasi yang mudah dijangkau.

Berikan Waktu Istirahat untuk Bayi

Pastikan untuk tetap menidurkan bayi selama . Meski kemungkinan ia akan sulit untuk tidur di tempat baru, tetapi dengan mempertahankan rutinitas waktu tidur yang sama, si kecil mungkin bisa lebih mudah terlelap.

Hindari Pergi di Waktu Sibuk

Bila berniat untuk mengajak bayi pergi dengan transportasi umum, ada baiknya untuk tidak pergi di waktu yang sibuk. Pastikan untuk memperhatikan fasilitas yang tersedia untuk bayi. Pilih tempat duduk yang memang memiliki lebih banyak ruang dan tempat duduk dekat jendela supaya buah hati bisa melihat pemandangan di luar.

Pastikan Bayi Aman dan Nyaman

Berikan ASI atau susu formula agar si kecil merasa nyaman dan tidak rewel. Jika menggunakan transportasi umum seperti pesawat, bus, atau kereta, sediakan bantal atau selimut yang bisa membantu bayi untuk merasa nyaman di pangkuan. Pilih gendongan bayi yang praktis dan aman agar jalan-jalan lebih mudah. Bila bepergian dengan mobil, jangan lupa pasang kursi khusus bayi supaya ia bisa lebih aman dan nyaman selama perjalanan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here