Sunday, 29 September 2024
HomeBeritaMasih di Korea Selatan, Asnawi Mangkualam Gabung Jeonnam Dragons

Masih di Korea Selatan, Asnawi Mangkualam Gabung Jeonnam Dragons

Bogordaily.net– Asnawi Mangkualam kabarnya akan pindah klub. Pemain Timnas Indonesia itu bakal bergabung dengan klub yang juga di Korea Selatan yakni Jeonnam Dragons dan berpisah dengan Ansan Greeners.

Media Korea Selatan, Chosun mengabarkan berdasarkan wawancara dengan salah satu sumber di K-League, Asnawi kabarnya telah menjalani tes medis.

“Asnawi [Mangkualam Bahar] telah dikonfirmasi akan pindah ke Jeonnam. Setelah tes medis, dia akan bergabung dengan tim Jeonnam di Changwon, tempat tim menjalani latihan,” kata sumber Chosun yang tak disebutkan namanya dikutip dari CNN Indonesia, Kamis, 26 Januari 2023.

Jeonnam melirik Asnawi karena klub K League 2 itu membutuhkan pemain bertenaga hebat. Musim lalu Jeonnam berada di dasar klasemen dan musim ini bertekad bangkit. Asnawi pun dianggap cocok dengan semangat yang diusung.

Delama dua musim di Ansan biasa tampil sebagai sayap kanan, tetapi beberapa kali ditempatkan sebagai bek kanan yang merupakan posisi aslinya.

Asnawi bergabung dengan Ansan Greeners pada 2020 setelah mendapat rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. Pada musim pertamanya, pemain asal Makassar, Sulawesi Selatan tampil di 14 pertandingan dan menciptakan satu assist.

Asnawi sukses meningkatkan performanya bersama Ansan dan tampil di 26 laga. Ia juga menciptakan dua gol serta dua assist.

Sementara itu Jeonnam Dragons masih satu level dengan klub Asnawi sebelumnya, Ansan Greeners. Kedua klub itu sama-sama berada di divisi kedua Liga Korea Selatan, K League 2.

Dikutip dari Bola.net, Jeonnam Dragons memiliki sejarah lebih panjang dibanding Ansan Greeners. Klub tersebut berdiri pada 16 Desember 1994 atau sudah hampir 30 tahun meramaikan kompetisi Korea Selatan.

Pelatih pertama mereka adalah Jeong Byung-tak merupakan mantan pemain sekaligus pelatih Timnas Korea Selatan yang terkenal pada tahun 1960-an.

Jeong Byung-tak menangani Jeonnam Dragons selama dua musim hingga 1996. Sebelum itu dia pernah menangani Yonsei University sejak 1984 hingga 1992.

Pada 1997, atau tiga tahun setelah berdiri, Jeonnam Dragons pernah mencatatkan rekor tak terkalahkan. Catatan invincibles tersebut dibukukan dalam 21 pertandingan.

Jeonnam Dragons juga berhasil finis di posisi kedua klasemen akhir K League 1 pada musim 1997/1997. Mereka mengumpulkan 36 poin dari 18 pertandingan.

Klub yang bermarkas di Gwang-Yang Stadium hanya kalah satu poin dari Busan I Park yang memuncaki klasemen.

Jeonnam Dragons pernah mewakili Korea Selatan pada ajang Piala Winners Asia. Turnamen tersebut mempertemukan pemenang kompetisi domestik di bawah naungan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Klub yang berbasis di Kota Gwangyang tersebut ambil bagian pada Piala Winners musim 1998/1999. Mereka mampu meraih posisi sebagai runner-up.

Jeonnam Dragons menjadi juara kedua setelah dikalahkan klub Arab Saudi, Al-Ittihad di partai puncak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here