Sunday, 6 October 2024
HomeTravellingMenilik Situs Ranggapati, Salah Satu Peninggalan Kerajaan Pajajaran di Batu Tulis 

Menilik Situs Ranggapati, Salah Satu Peninggalan Kerajaan Pajajaran di Batu Tulis 

Bogordaily.net – Bogor merupakan kota yang banyak memiliki sejarah pada zaman dahulu, terutama pada masa kerajaan Pajajaran. Terdapat berbagai peninggalan di sini, salah satunya Situs Ranggapati.

Situs Ranggapati, terletak di pinggir Jalan Raya Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, tepatnya berada di dalam Gang Sangkuriang, tepat di belakang Gereja Elohim.

Kemudian, situs ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan pajajaran, di sini terdapat 7 buah batu dengan berbagai bentuk.

Berdasarkan penelusuran Bogordaily.net terlihat situs tersebut masih aktif didatangi orang untuk sekedar wisata sejarah ataupun melakukan ritual.

Saat memasuki area situs ini tampak papan bertulisakan Situs Ranggapati mengarahkan para pengujung yang sekedar datang atau ritual.

Suasana Situs Ranggapati

Di sekeliling banyak ditumbuhi pepohonan rindang dan juga terdapat berbagai prasasti yang dibatasi oleh pagar.

Baca juga : Jam Buka Operasional dan Harga Tiket Taman Safari Bogor Terbaru, Cek di Sini

Kondisi bangunan disini sudah mulai terlihat tua dan rapuh, karena memang bangunan tersebut sudah lama dan belum ada pemugaran di kawasan ini.

Situs Ranggapati di pinggir Jalan Raya Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. (Istimewa/Bogordaily.net)

Salah satu penjaga situs ini mengatakan, situs ini tidak boleh dirusak dan dipugar (diperbarui, red) tanpa izin. Bahkan situs ini masih dalam naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor.

Sekedar informasi, Situs ini adalah salah satu dari beberapa situs megalitikum di daerah Batutulis Bogor, peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Tidak seperti Prasasti Batutulis, Situs Batu Congkrang dan Situs Purwakalih Situs terletak di tengah kebun seorang warga, ditemukan tahun 1960 an, lalu dibuatkan bangunan oleh pemilik rumah untuk melindungi peninggalan purbakala ini.

“Sekarang, sang pemilik rumah sudah tiada. Bangunan situs tidak terawat dan rusak di sana sini,” tulis keterangan instagram @pinotjhonny. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here