Sunday, 6 October 2024
HomeKulinerEs Krim di Kuppic Gelato Bikin Lumer di Hati

Es Krim di Kuppic Gelato Bikin Lumer di Hati

Bogordaily.net – Kota Bogor memiliki sejumlah daya tarik bagi wisatawan. Selain kondisi alam yang indahan. Di Kota Bogor juga kaya akan beragam kuliner. Salah satunya sajian es krim di Kuppic Gelato, yang terletak di kawasan Jalan Suryakencana, Nomor 134, Babakan Pasar, Bogor Tengah. Rasa Es Krim di Kuppic Gelato bikin lumer di hati.

Lokasi tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan Tugu Kujang, sangat strategis dan mudah diakses.

Meski tempatnya tidak terlalu besar, namun desain arsitektur berupa bangunan zaman kolonial Belanda yang digunakan, sangat cocok untuk berswa foto.

Originalitas tempat tercermin dari dari struktur gedung, motif lantai, model pintu serta  jendela tokonya yang masih terbuat dari kayu, serta model kunci terlihat jadul namun antik. Kuppic Gelato, sangat pas untuk bersantai setelah menikmati indahnya suasana Kota Bogor.

Salah seorang pegawai Kuppic Gelato, Upi mengatakan, Kuppic Gelato menjual bermacam varian cita rasa es krim. Semuanya dibandrol dengan harga berkisar Rp. 15 ribu hingga Rp. 45 ribu.

Proses Pembuatan Gelato

Hal yang membedakan Gelato dengan es krim lainnya, yaitu dari proses pembuatan serta bahan baku yang digunakan. Bahan Gelato terdiri dari susu, cream, skim milk, gula yang di masak dalam suhu 85 derajat celsius.

Setelah di panaskan, selanjutnya didinginkan hingga mencapai suhu 4″C, lalu didiamkan kurang lebih selama 4jam.

Setelah itu eskrim dimasukan dalam mesin Batch Freezer untuk beri rasa pada eskrim. Setelah memiliki rasa yang diinginkan selanjutnya ekrim disimpan dalam Freezer selama 4 hingga 8 jam. Setelah beku eskrim dipindahkan ke Showcase, siap dijual.

“Es krim Gelato lebih padat, tidak mudah cair. eskrimnya lebih ringan,” kata Upi, Rabu 24 Mei 2023.

Kandungan Gelato

Dibanding eskrimlain, kandungam lemak pada eskrim Gelato lebih rendah.

“Kadar lemak gelato sekitar 10 sampai 20 persen. Sedangkan kadar lemak es krim lainnya kurang lebih 50 persen,” ucap Upi.

Kemudian Overrun (ngembang) Gelato, bisa mencapai 10 persen sedangkan es krim lain lebih tinggi berkisar antara 50 persen sampai 100 persen.

“Eskrim Gelato lebih padat,” ungkap Upi.

Proses pembuatan eskrim Gelato, dilakukan seperti layaknya eskrim Itali. Sedangkan es krim lainnya diproses dengan cara orang Amerika.

Bagi yang ingin mencicipi cemilan lain, Kuppic Gelato juga menyediakan makanan ringan.

Seperti Macaroni Schotel, Tape Schotel, Eggtart, Chicken Pie, Sausijsc Brood, Silky Puding, Caramel Cheese Puding. Semuanya ditawarkan dengan harga terjangkau.

Bahkan buat penikmat kopi, kata Upi, juga bisa merasakan sensasi dari Kopi Liong Bulan, yang menjadi legenda kopi di kota Bogor.

Dari sederet yang disajikan, Kuppic Gelato menjadi salah satu tempat kuliner yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi, khususnya diakhir pekan.

Ketika anda bersama keluarga atau kerabat bisa mampir untuk menikmati es krim home made Kuppic Gelato yang akan memanjakan lidah.***

 

Ibnu Galansa