Tuesday, 22 October 2024
HomeKabupaten BogorSemarak Kirab Merah Putih di Megamendung, Sukamanah Juarai Lomba Dongdang

Semarak Kirab Merah Putih di Megamendung, Sukamanah Juarai Lomba Dongdang

Bogordaily.net — Peringatan HUT RI ke-79 tahun 2024 tingkat Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, berlangsung meriah. Acara semakin semarak dengan digelarnya Kirab Merah Putih dan Lomba Dongdang.

Rangkaian peringatan HUT RI di Kecamatan Megamendung ini dimulai dengan upacara pengibaran bendera merah putih di Lapangan Desa Sukaresmi.

Selepas upacara, seluruh peserta turun ke jalan untuk mengikuti Kirab Merah Putih. Peserta Kirab Merah Putih berjalan kaki sepanjang kurang lebih 2 kilometer menyusuri Jalan Cikopo Selatan menuju Kantor Kecamatan Megamendung.

Iring-iringan karnaval ini menyuguhkan seni dan kreativitas dari 12 desa dengan melibatkan seluruh unsur staf Pemerintah Desa, lembaga desa, ketua RT dan RW, perangkat desa, OKP, Ormas, Forum UMKM, kader PKK, kader posyandu, pramuka, pelajar, santri, Linmas, dan unsur Forkopimcam.

Kirab Merah Putih Peringatan HUT RI ke-79 Tahun 2024 di Kecamatan Megamendung

Setiap desa nampak menyuguhkan kreativitas terbaiknya dalam membuat Dongdang. Dongdang yang dibuat dalam beragam bentuk ini umumnya terbuat dari aneka hasil bumi.

Untuk bisa meraih juara terbaik, masing-masing desa berupaya menonjolkan kelebihannya baik dari bentuk Dongdang, kekompakan, kostum karnaval, yel-yel sepanjang jalan, dan lainnya.

Walhasil, Desa Sukamanah keluar sebagai juara terbaik Lomba Dongdang dan berhasil menyabet hadiah satu unit motor. Juara kedua Desa Sukamaju dengan hadiah televisi dan Desa Cipayung juara ketiga dengan hadiah sepeda gunung. Ratusan hadiah doorprize juga dibagikan untuk masyarakat.

Puncak semarak HUT RI dipusatkan di Kantor Kecamatan Megamendung. Di lokasi terdapat puluhan stand UMKM dan digelar beragam lomba tradisional.

Sementara itu, Camat Megamendung, Ridwan, menyampaikan amanat Penjabat (Pj) Bupati Bogor bahwa dengan pelaksanaan Kirab Merah Putih ini ditujukan untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalisme kepada masyarakat khususnya kepada generasi muda.

“Kami mengharapkan pula dengan kirab ini dapat menjadi event tahunan agar meningkatkan taraf perekonomian masyarakat dan pelaku UKM. Alhamdulillah banyak warga yang ikut berjualan di lokasi acara sehingga dapat membantu penghasilan mereka,” ucap Ridwan.
(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here