Friday, 20 September 2024
HomeBeritaPuasa Nabi Idris: Tata Cara dan Manfaatnya 

Puasa Nabi Idris: Tata Cara dan Manfaatnya 

Bogordaily.net – Puasa Nabi Idris jadi perbincangan usai curhat Ustadz Maulana yang selalu mengamalkannya sepeninggalan istri tercintanya.

Ustaz Maulana baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya belum ingin menikah lagi usai ditinggal sang istri, Nur Aliyah, meninggal dunia pada 2019 lalu. 

Ia malah memilih untuk rutin menjalankan puasa Idris. 

Apa Itu Puasa Nabi Idris?

Meski sang istri sudah meninggalkannya hampir 6 tahun yang lalu, Ustaz Maulana mengaku dirinya masih belum ada keinginan untuk menikah lagi. 

Dalam sebuah wawancara, Ustadz maulana saat ini lebih memilih untuk melanjutkan perjuangan istri dan mengurus anak- anaknya. Ustaz Maulana juga mengaku bahwa menjalankan puasa Idris untuk menjaganya dari hawa nafsu.

Puasa Idris merupakan amalan puasa yang dilakukan oleh Nabi Idris. Diketahui bahwa Nabi Idris ini merupakan keturunan keenam Nabi Adam dan Siti Hawa. 

Nabi Idris dikenal sebagai seorang nabi yang yang pintar sekaligus penemu tulis menulis.

Kepandaiannya dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan kehidupan merupakan mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Idris. Dengan kepandaiannya tersebut, Nabi Idris juga berhasil menciptakan berbagai alat yang berguna untuk kebutuhan sehari-hari.

Nabi Idris juga diketahui mempunyai amalan yang rutin diamalkan dalam kehidupan sehari-harinya. Adapun amalan tersebut yaitu puasa sepanjang masa. Puasa tersebut dikenal juga sebutan dengan puasa Idris.

Cara Dan Manfaat Puasa Idris

Mungkin masih ada sebagian muslim yang belum mengetahui mengenai bagaimana tata cara melaksanakan puasa Idris seperti yang dilakukan oleh Nabi Idris. Jadi, puasa Idris ini dilaksanakan setiap selesai buka puasa.

Selama berpuasa tersebut, Nabi Idris juga menjalankan ibadah salat sepanjang malam hingga terbit matahari. 

Usai terbitnya matahari, Nabi Idris kembali melanjutkan puasanya. Amalan tersebut dilakukannya rutin setiap hari.

Adapun manfaat melaksanakan puasa Idris ini guna menahan diri dari segala hawa nafsu. 

Dengan berpuasa membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT, menjadikan diri pribadi yang lebih sabar dan ikhlas serta membuat tubuh lebih sehat.

Mengenai puasa bermanfaat untuk kesehatan ini tercantum juga dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh At Tabarani berikut ini.

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah niscaya kalian akan sehat.” (HR At Thabrani)

Itulah ulasan mengenai puasa Idris yang biasa dilakukan Ustaz Maulana setelah sang istri meninggal dunia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here