Friday, 18 October 2024
HomeKota BogorSekolah Tinggi Pariwisata Bogor Gelar Pengabdian Masyarakat di Kampung Susu Mandiri Kebonpedes

Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor Gelar Pengabdian Masyarakat di Kampung Susu Mandiri Kebonpedes

Bogordaily.net – Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kampung Susu Mandiri, Kelurahan Kebonpedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengembangkan potensi produk berbahan dasar susu dan memperkuat strategi branding Kampung Susu Mandiri sebagai destinasi wisata edukasi dan kuliner.

Pelatihan pertama digelar pada Selasa, 1 Oktober 2024, dengan fokus pada pengembangan produk berbahan dasar susu.

Pelatihan ini dipimpin oleh Nisa Rahmaniyah, M.Pd, Dosen Pastry dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, yang didampingi oleh mahasiswa program S1 Pariwisata.

Mahasiswa dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing membuat produk berbeda permen susu (candy moo), nugget susu, dan mochi susu.

Para peserta, yang terdiri dari pelaku usaha UMKM, ibu-ibu PKK, kader, serta peternak sapi setempat, turut serta dalam proses pembuatan produk tersebut dengan menggunakan susu murni yang berasal dari peternakan di Kampung Susu Mandiri.

“Diharapkan setelah pelatihan ini, para peserta dapat memproduksi dan menjual produk-produk tersebut untuk meningkatkan pendapatan mereka,” ujar Nisa, Kamis 17 Oktober 2024.

Pelatihan kedua diadakan pada Rabu, 16 Oktober 2024, yang berfokus pada strategi branding untuk Kampung Susu Mandiri.

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu UMKM, ibu-ibu PKK, dan kader dalam mempromosikan Kampung Susu Mandiri serta produk susu yang dihasilkan agar lebih dikenal masyarakat luas.

Narasumber pertama,Dewi Puspasari, S.M., M.M. dari STIE Wibawa Karta Raharja, menyampaikan materi tentang Strategi Branding untuk Membangun Bisnis”

Sementara narasumber kedua, Samuel, SST.Par., M.M.Par. dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, memberikan pemaparan tentang aplikasi media sosial dalam membangun kesadaran merek (Brand Awareness).

Kedua materi ini menekankan pentingnya pemberian nama yang mudah diingat dan penggunaan media sosial untuk mempromosikan produk.

Kampung Susu Mandiri kini memiliki branding baru dengan nama KAMPUSS (Kampung Mandiri Susu Sapi Perah), yang diharapkan dapat menjadi identitas unik Kampung Susu Mandiri di mata masyarakat.

Lurah Kebonpedes, Muhammad Al Farhan menyampaikan apresiasi kepada Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor dan para narasumber atas kontribusi mereka.

Ia juga mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini terus berlanjut dan mendukung perkembangan Kampung Susu Mandiri sebagai salah satu kampung tematik unggulan di Kota Bogor.

Sebagai bentuk dukungan, Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor memberikan hibah papan reklame KAMPUSS dan freezer box yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk menyimpan produk susu.

“Semoga Kampung Susu Mandiri semakin berkembang dan dikenal sebagai kampung penghasil produk susu murni di tengah Kota Bogor,” tutup Lurah Al Farhan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here