Wednesday, 23 October 2024
HomeKota BogorPodcast Kesehatan RSUD Kota Bogor Bahas Kondisi Cerebral Palsy, Simak Penjelasannya

Podcast Kesehatan RSUD Kota Bogor Bahas Kondisi Cerebral Palsy, Simak Penjelasannya

Bogordaily.net – Kondisi cerebral palsy (CP) memang membuat seseorang jauh lebih terbatas dalam beraktivitas. Meski demikian, hal itu disebut tak serta merta memupus potensi yang ada dalam diri penderita CP.

Dokter Spesialis Anak RSUD Kota Bogor, dr Agung Indra Darmawan membenarkan hal itu. Dalam siaran Podcast Kesehatan (Podkes) di Channel Youtube RSUD Bogor Daily, ia mengatakan, anak Cerebral Palsy masih memiliki kemampuan yang dikembangkan.

Sebab menurutnya, otak penderita CP tidak sepenuhnya mengalami kerusakan. Terdapat bagian otak yang bisa dilatih dan dikembangkan.

“Upaya yang bisa dilakukan orang tua yakni melatih anak CP sedari dini sehingga mereka bisa melakukan hal-hal untuk dirinya sendiri. Seperti makan, mandi, atau mengenakan pakaian,” ujarnya.

Di samping itu perlu juga dilakukan pengobatan yang komprehensif, melalui obat-obatan, terapi okupasi, terapi sensori integrasi, hingga terapi bicara.

Kemudian untuk mengembangkan potensi anak CP para orang tua bisa melatih anaknya dengan kegiatan yang sekiranya menjadi kelebihan. Misalnya menghafal Alquran, melukis, atau membuat kerajinan.

“Dalam hal ini yang paling berperan ialah orang tua. Mereka mesti menstimulasi anaknya secara terus menerus melakukan kegiatan yang menjadi potensi anaknya. Karena jika terus dilatih potensi itu bisa memberikan hasil yang baik bahkan di luar dugaan,” tuturnya.

Dia memberi contoh terdapat anak CP yang dapat menjadi hafidz (penghafal) Alquran karena terus dilatih oleh orang tuanya dengan didengarkan lantunan ayat suci.

“Meskipun ada keterbatasan dalam pelafalan dia tetap bisa meneruskan ayat yang disebutkan,” tutup Dokter Spesialis Anak RSUD Kota Bogor, dr Agung Indra Darmawan. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here