Wednesday, 23 October 2024
HomeKota BogorAkibat Puntung Rokok, Kios dan Rumah Warga di Muarasari Bogor Timur Dilahap...

Akibat Puntung Rokok, Kios dan Rumah Warga di Muarasari Bogor Timur Dilahap Si Jago Merah

Bogordaily.net – Akibat membuang puntung rokok sembarangan, kios dan rumah warga di Jalan Raya Tajur, Kelurahan Muarasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor ludes kebakaran.

Laporan kebakaran di Kelurahan Muarasari itu diterima oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor pada pukul 15:00 WIB melalui telepon dari seorang warga.

Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan Damkar Kota Bogor, M. Ade Nugraha, menyatakan bahwa kebakaran diduga disebabkan oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan di sekitar lokasi kejadian.

Api dengan cepat menyebar dan menghanguskan beberapa kios seperti warung jamu, bengkel motor, bengkel jok, basecamp ojek online, serta gerobak bakso yang sedang mangkal.

Di bawah bangunan kios tersebut terdapat tumpukan kayu, bambu, dan ban bekas yang mudah terbakar, mempercepat penyebaran api.

Akibat kebakaran ini, satu rumah warga juga ikut terbakar karena terjadinya konduksi akibat hawa panas.

“Petugas bergerak cepat setelah menerima laporan. Regu kami yang terdiri dari unit Sukasari, Cibuluh, dan Yasmin langsung menuju lokasi kejadian. Kami tiba pada pukul 15:06 WIB dan mulai melakukan pemadaman pada pukul 15:07 WIB,” ujar M. Ade Nugraha saat dikonfirmasi.

Sebanyak 8 unit damkar dari Kota Bogor, 3 unit dari Kabupaten Bogor, 1 unit rescue, dan 2 unit BPBD Kota Bogor dikerahkan dalam upaya pemadaman yang berlangsung selama kurang lebih dua jam.

Selain itu, satu unit ambulans juga disiagakan di lokasi untuk antisipasi korban luka. Namun, beruntung tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini. Hingga pukul 17:17 WIB, api berhasil dipadamkan dan situasi dinyatakan aman terkendali.

“Kerugian material akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Identitas pemilik bangunan yang terdampak masih dalam proses pendataan oleh pihak berwenang,” katanya.

M. Ade Nugraha, kembali mengingatkan warga untuk selalu berhati-hati dalam membuang puntung rokok atau benda mudah terbakar lainnya guna mencegah terjadinya insiden serupa. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here