Saturday, 26 October 2024
HomeKabupaten BogorGebyar Maulid, Sukamanah Santuni Ratusan Yatim Hingga Syukuran Wisuda Dua Sarjana Desa

Gebyar Maulid, Sukamanah Santuni Ratusan Yatim Hingga Syukuran Wisuda Dua Sarjana Desa

Bogordaily.net — Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamanah, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, berlangsung sangat gebyar.

Peringatan Maulid Nabi SAW dipusatkan di Kantor Desa Sukamanah pada Jumat, 25 Oktober 2024. Acara dimulai sejak ba’da Sholat Jumat hingga malam pukul 24.00 WIB.

Kemeriahan acara Maulid ini diisi dengan sejumlah rangkaian acara yang dimulai dengan pengajian khataman Alquran 30 juz oleh santri se-Desa Sukamanah, santunan terhadap 100 anak yatim piatu, pengajian manakib, hingga puncak acara ditutup dengan tablig akbar pada malam harinya. Tablig akbar menampilkan tausiah yang disampaikan oleh Habib Anis Assegaf, penceramah dari Tasik, dan penceramah dari Sukabumi.

Di sela acara, dilangsungkan pula syukuran atas diwisudanya dua orang remaja Desa Sukamanah yang berhasil lulus kuliah. Kedua remaja ini berhasil diwisuda dan mencapai gelar sebagai Sarjana Ilmu Politik dan Sarjana Akuntansi.

Yang patut diacungi jempol, kedua remaja yang diwisuda tersebut selama masa perkuliahan dibiayai oleh Pemdes Sukamanah melalui Program Desa Mencetak Sarjana.

“Dua remaja yang diwisuda ini merupakan wisuda perdana dari Program Desa Mencetak Sarjana yang saya ciptakan semasa saya jadi Kepala Desa Sukamanah. Maka sebagai bentuk syukur kami langsungkan syukuran yang dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Program ini akan terus dilanjutkan oleh istri saya sebagai Kepala Desa Sukamanah sekarang, Ibu Hj Irmayani, SH, dan targetnya setiap tahun meluluskan dua orang sarjana,” ungkap H Ismail, SIP, mantan Kepala Desa Sukamanah tiga periode yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Bogor dan Ketua TP PKK Kecamatan Megamendung.

Kepala Desa Sukamanah, Hj Irmayani, SH menambahkan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024 ini diprakarsai oleh Majelis Taklim Nurul Hikmah yang merupakan majelis di bawah naungan Pemdes Sukamanah.

“Alhamdulillah masyarakat Sukamanah begitu antusias mengikuti rangkaian acara peringatan Maulid Nabi ini sejak zuhur hingga malam hari. Peringatan Maulid ini juga menjadi berkah bagi masyarakat, pedagang, dan pemuda. Kami berharap melalui peringatan Maulid ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga Sukamanah dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas,” tuturnya.
(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here