NASIONAL

Ini Alasan Polisi Tahan Penulis Buku Jokowi Undercover!!

BOGORDAILY- Penyidik Bareskrim Polri mengamankan Bambang Tri Mulyono penulis buku ‘Jokowi Undercover’ bersama tim dari Polda Jawa Tengah di Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Saat ini, Bambang ditahan di rumah tahanan Polda Metro Jaya sebagai tahanan titipan Bareskrim.

“Benar ditangkap yang bersangkutan,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di Jakarta, Sabtu (31/12/2016).

Sementara Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rikwanto menjelaskan Bambang ditahan karena dianggap melakukan perbuatan menebarkan kebencian kepada keturunan PKI yang tidak tahu-menahu tentang peristiwa G30S/PKI Madiun 1948 dan 1965.

Selain itu, tersangka dianggap menebarkan kebencian kepada kelompok masyarakat yang bekerja di dunia pers terkait statemen BTM pada halaman 105 menyatakan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) pemimpin yang muncul dari dan dengan keberhasilan media massa melakukan kebohongan kepada rakyat.

“Pada halaman 140, BTM Giriroto ngemplak Boyolali adalah basis PKI terkuat se-Indonesia, padahal tahun 1966 PKI sudah dibubarkan,” ujarnya.

Menurut dia, tersangka tidak memiliki data dokumen pendukung sama sekali terkait tuduhan pemalsuan data Jokowi saat pengajuan sebagai calon presiden di KPU RI (pusat).

“Tuduhan dan sangkaan yang dimuat pada buku Jokowi Undercover dan media sosial semua didasarkan atas sangkaan pribadi tersangka,” jelas dia.

Kemudian, kata Rikwanto, analisa fotometrik yang diungkap tidak didasari keahlian apapun, namun hanya persepsi dan perkiraan tersangka pribadi. Sehingga, sementara motif tersangka sebagai penulis hanya didasarkan atas keinginan untuk membuat buku yang menarik perhatian publik.

Akibatnya, perbuatan tersangka telah meresahkan dan kegaduhan di masyarakat sehingga dijerat dengan sangkaan Pasal 16 UU Nomor 40 tahun 2008 yi dengan ancaman 5 tahun penjara dan Pasal 28 ayat (2) UU ITE.

“Tersangka Bambang Tri Mulyono dititipkan penahanannya di Rutan PMJ (Polda Metro Jaya),” katanya.

Rikwanto mengatakan penyidik juga menyita beberapa barang bukti dari tersangka berupa perangkat komputer, HP, flashdisk, buku Jokowi Undercover tulisan tersangka, dokumen data Jokowi saat Pilpres dari KPU Pusat, KPUD DKI Jkt dan KPUD Surakarta.(jtm)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu