BOGOR AREA

PEMDA KABUPATEN BOGOR DIMINTA SERIUS URUSI MADRASAH

BOGORDAILY – Forum Masyarakat Peduli Madrasah (FMPM) meminta Pemerintah Daerah Kab. Bogor agar serius mengurusi Pendidikan madrasah, Hal ini diungkapkan dalam acara Diskusi Forum Masyarakat Peduli Madrasah (FMPM) pada Minggu 1/1/2017 di Villa Lokapurna Kec. Pamijahan.

Dalam sejarah pendidikan di Indonesia Madrasah diakui telah banyak memberikan sumbangsi dan kontribusi tehadap pelaksanaan Pendidikan di Indonesia, baik sebelum kemerdekaan maupun pasca kemerdekaa.
Koordinator Forum Masyarakat Peduli Madrasah (FMPM) Burhanuddin mengatakan, Kontribusi Madrasah yang sangat besar ini tidak sebanding dengan perhatian dan dukungan pemerintah terhadap Madrasah terutama dari Pemerintah Daerah. Ia menilai minimnya perhatian tersebut akibat Pemerintah Daerah tidak konsisten dalam pelaksanaan amanat UU dan Peraturan daerah yang ada.

“Payung Hukum nya kan sudah ada dan jelas terkait kesetaraan antara Sekolah Umum dan Madrasah, Tapi Kok Madrasah masih saja di anaktirikan” cetusnya
Pria yang disapa Bu’ank mencontohkan, Pembangunan sekolah yang di bawah naungan Dinas Pendidikan hampir tiap tahun di perbaiki dan mendapat Bantuan, tetapi pembangunan madrasah hampir tidak dilakukan bahkan sangat sulit mendapatkan bantuan dari Pemerintah daerah. Bahkan tambahnya, honor para tenaga pengajar madrasah pun saat ini sangat memprihatinkan.

“untuk tahun 2016 saja, setiap orang hanya menerima Tunjangan Sebesar Rp600 ribu /tahun yang diploting APBD Kabupaten Bogor, Sedangkan honor guru Sekolah Dasar sudah mencapai Rp650 ribu/bulan. Bahkan, kabarnya APBD tahun 2017 sudah menganggarkan 1 Juta/Bulan. Jelas ini terjadi kesenjangan”

Bu’ank berharap Pemerintah Kabupaten Bogor harus serius mengurusi Pendidikan terutama Pendidikan Madrasah, dengan cara meningkatkan pengalokasian dana APBD baik untuk Pembangunan Infrastruktur, Sarana Prasana dan Kesejanteraan tenaga Pengajar di Madrasah, yang secara Otomatis hal tersebut akan berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang pada akhirnya madrasah akan mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Bahkan, bila di perlukan harus segera dibuatkan Peraturan daerah (Perda) khusus untuk pendidikan Madrasah,” Pungkasnya.(bd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu