Friday, 26 April 2024
HomeNasional5 Bulan Lagi, Kereta Bandara Siap Beroperasi

5 Bulan Lagi, Kereta Bandara Siap Beroperasi

BOGOR DAILY-  Soekarno-Hatta (Soetta) sedang disiapkan. Menurut (Menhub), Budi Karya Sumadi, Soetta bisa beroperasi pada Agustus tahun ini.

Hal tersebut juga menjawab persoalan pembebasan lahan. Saat ini, sebanyak 32 bidang tanah masih dalam proses pembebasan.

Lokasinya tersebar mulai dari Stasiun Batu Ceper hingga Bandara Soekarno Hatta.

“Saya belum update lagi, masih sama seperti kemarin, tapi Agustus sudah beroperasi semua,” kata Budi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (28/3/2017).

Sebelumnya, Budi Karya bersama Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan peninjauan terhadap proyek . Dalam tinjauannya tersebut, 32 bidang yang masih menjadi kendala merupakan rumah warga maupun lokasi persawahan.

Pihak PT Kereta Api Indonesia juga menyiapkan dana Rp 62 miliar untuk membebaskan 32 bidang lahan yang tersebar dari Stasiun Batu Ceper hingga Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Dana tersebut telah dititipkan di Pengadilan Negeri Tangerang.

PT Kereta Api Indonesia bersama PT Angkasa Pura II tengah membangun jalur kereta penumpang menuju Bandara Soekarno Hatta dari Stasiun Manggarai dan Stasiun Kota sepanjang 36,3 kilometer, dengan rute awal berangkat dari Stasiun Manggarai. Dengan total trek tersebut, setidaknya hanya 12,1 km yang dibanfun rel baru, yang dimulai dari Stasiun Batu Ceper (bd)