Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalTahun Ini Jokowi Tambah Hakim Baru, Gelombang Pertama 500 Orang

Tahun Ini Jokowi Tambah Hakim Baru, Gelombang Pertama 500 Orang

BOGOR DAILY– Pengurus Pusat Ikatan Indonesia (PP IKAHI) melapor ke Presiden Joko Widodo soal kekurangan jumlah di Indonesia. Menanggapi laporan ini, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan Presiden Jokowi telah menyetujui penambahan jumlah di Indonesia.

“Kekurangan yang sudah tujuh tahun moratorium, Presiden sepakat bahwa, bahkan sudah meminta kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara,” kata Yasonna saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3/2017).

Yasonna mengatakan, saat ini prinsip penambahan jumlah tersebut sudah selesai. Tinggal tindak lanjut dari Menpan RB. Penambahan jumlah itu akan dilakukan pada tahun ini.

“Prinsip sudah selesai dan tinggal ditindaklanjuti oleh Menpan penambahan , baru, tapi cukup, 500-an lebih minimal untuk gelombang pertama ini,” kata Yasonna.

Dalam pertemuan antara IKAHI dengan Presiden Jokowi tersebut, juga dibahas soal Rancangan Undang-undang Jabatan , yang di dalamnya mengatur soal batasan umur . IKAHI menolak pemotongan umur pensiun bagi hakim.

Menanggapi ini, Yasonna mengatakan, penetapan batasan umur tersebut nantinya tidak serta merta langsung berlaku.

“Ada interval. Kalau langsung nanti Hakim Agung banyak yang kosong, jadi harus dikasih jeda waktu. Nanti kita lihat seperti apa. Dalam proses jeda waktu itu ada rekrutmen untuk mengisi. Termasuk hakim Pengadilan Negeri,” kata Yasonna. (bd)