Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSiang Ini Massa GNPF MUI Bakal Geruduk PN Jakarta Utara

Siang Ini Massa GNPF MUI Bakal Geruduk PN Jakarta Utara

BOGOR DAILY– Massa dari GNPF (Gerakan Nasional Pengawal Fatwa) berencana akan kembali berunjuk rasa pada Jumat (28/4/2017) siang ini.

Mereka berencana akan melakukan aksi dari Masjid Istiqlal menuju Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan pihaknya sudah menerima pemberitahuan aksi tersebut. Namun, polisi mengimbau agar massa tidak turun ke jalan.

“Diharapkan tidak perlu turun ke jalan, kan nanti bisa perwakilannya saja yang ke PN Jakut,” kata Argo.

Argo menambahkan, berdasarkan surat pemberitahuan yang masuk ke polisi, jumlah massa yang akan mengikuti aksi tersebut sekitar 1.500 hingga 2.000 orang.

Argo memastikan aparat kepolisian siap mengawal aksi tersebut.

“Tentunya kami sudah menyiapkan pengamanan. Jumlah personelnya cukup,” kata Argo.

Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, massa akan melakukan aksi setelah menunaikan shalat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal.

Mereka akan ke untuk menuntut agar majelis hakim yang menangani kasus dugaan penodaan agama  menjatuhkan vonis yang berat terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Massa GNPF juga rencananya akan kembali berunjuk rasa pada 5 Mei 2017. Mereka akan aksi di Gedung Mahkamah Agung (MA).

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Suyudi Ario Seto mengatakan, ada 4.600 personel gabungan yang disiagakan.

“4.600 personel dari TNI Satpol-PP dan dari Istiqlal sampai PN Jakut juga ada. Prediksi massa 1.500, tetap melakukan antisipasi dengan Persiapan semaksimal mungkin,” kata Suyudi

Polisi akan memusatkan pengamanan pada gedung pengadilan Jakarta Utara. Selain itu kelancaran lalu lintas juga tetap menjadi prioritas.

“Antisipasi kalau ada kegiatan massa kita harus betul meyakinkan keamanan dan lalu lintas termasuk di gedung pengadilan, dari pintu Katedral belok kiri arah Gunung Sahari, belok kiri lagi arah Pecenongan, mengarah Hayam Wuruk nanti langsung masuk ke wilayah pengadilan,” kata dia. (bd)