Waduh, Tiap Hari 10 Motor Hilang Digondol Maling - bogordaily.net
BOGOR AREA

Waduh, Tiap Hari 10 Motor Hilang Digondol Maling

BOGOR DAILY-Polda Jawa Barat segera membentuk tim khusus (Timsus) penanganan pencurian motor. Bahkan, Selasa (3/10/17) seluruh Kapolres akan dikumpulkan untuk melakukan pemetaan lokasi rawan pencurian di daerah masing-masing.

“Kalau ini program memang sudah ada, hanya pemberdayaan informan saja. Jadi, yang tadinya belum ada tim kami bentuk tapi untuk fokus kepada curanmor,” ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Pol, Agung Budi Wiryoto saat rilis pengungkapan kasus pencurian motor di Mapolres Bogor, kamis (28/9/17).

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini pencurian motor di wilayah Jawa Barat masih tinggi. Bahkan, dalam sepekan kasus kehilangan roda dua bisa mencapai 70 unit. Atau jika dirata-ratakan, maka sehari ada sepuluh motor yang hilang.

Menanggapi banyaknya pelaku curanmor menggunakan senjata api, mantan Kapolda Sumatera Selatan ini menegaskan, penyidik ataupun tim yang diberikan tugas prinsipnya harus berimbang.

Menurutnya, apabila terdapat ancaman yang membahayakan nyawa maka tidak perlu segan-segan melakukan tindakan tegas. Tapi, kalau tidak ada ancaman maka itu tidak perlu. “Kita perangi perilaku bukan orangnya,” tutur dia.

Ia mengapresiasi, Polres Bogor yang telah berhasil mengungkap kasus, khususnya curanmor mulai dari penadahnya terlebih dahulu. Sebab, kata dia, dari 12 unit yang didapat kemudian dikembangkan menjadi 20 motor. “Modus operandinya nomor rangka dikeok kemudian dikawinkan dengan STNK lain,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, modus tersebut tidaklah sulit bagi kepolisian untuk mengungkapnya. Sebab, ada metode reksisting. Meski nomor rangka telah dihancurkan, tetap saja akan bisa kembali timbul.

“Setelah ini Kapolres saya perintahkan untuk segera disosialisasikan kepada masyarakat. Kalau memang itu miliknya bisa diambil dan tidak perlu memberikan sesuatu. Tapi, tentunya harus di foto dulu karena untuk proses ke pengadilan,” pungkasnya.

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu