Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPKB Tolak Uu, Golkar Usung Ridwan Kamil

PKB Tolak Uu, Golkar Usung Ridwan Kamil

BOGOR DAILY-Usai PPP mela­buhkan dukungannya kepada Rid­wan Kamil (RK), internal partai pengusung RK justru berebut kursi bakal calon (balon) wakil gubernur. Bersamaan dengan itu, Partai Gol­kar akhirnya juga mendukung RK sebagai Cawagub Jabar.

menolak Uu Ruzhanul Ulum sebagai balon pendam­ping RK yang diajukan PPP. Ketua Umum Muhaimin Iskandar mengaku belum dimintai persetujuannya soal duet RK-Uu dalam 2017. ”Belum ada komu­nikasi dengan ,” kata Muhaimin di Kompleks Par­lemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/10).

Muhaimin menambahkan, posisi cawagub pendamping RK masih bisa berubah. juga akan tetap mengupayakan agar kadernya menjadi pen­damping RK. ”Pasti kami punya calon dan kami tidak mau Uu. Kami mau calon lain,” tuturnya.

RK saat ini sudah resmi di­dukung tiga partai, yakni Nas­dem, dan PPP. Muhaimin menuturkan, komunikasi partai koalisi akan dilakukan dalam waktu dekat. juga akan kembali melakukan kajian terhadap figur Uu.

”Kami harus kaji lagi Uu, apa layak benar dari surveinya. Kalau surveinya bagus, apa boleh buat. Kalau surveinya jelek ya kami tolak Uu,” kata politisi yang akrab disapa Cak Imin itu.

Sementara itu, lain halnya dengan Nasdem. Sekretaris Jenderal Partai Nasdem John­ny G Plate menyambut baik deklarasi PPP untuk Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada Pilkada Jabar.

”Kami menyambut baik ke­putusan PPP mendukung Kang Emil (RK, red) jadi cagub. Dengan demikian, sudah de­finitif salah satu kontestan,” kata Johnny.

Di tengah perebutan kursi cawagub, Partai (PG) mendadak masuk dalam ling­karan pendukung Ridwan Kamil. Hal ini diungkap Ketua Fraksi PG Robert J Kardinal.

“Iya betul. Kami pilih pak Ridwan,” kata Ketua Fraksi PG Robert J Kardinal di gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/10).

Ia menjelaskan pendekla­rasian akan dilakukan dalam waktu dekat. Hal itu bergan­tung pada kesiapan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PG Jabar.

Menurutnya, PG mengajukan Daniel Mutaqien Syafiuddin untuk menjadi pendamping Kang Emil, sapaan akrab Rid­wan. Daniel dianggap figur yang cocok untuk mendampingi RK “Kita ajukan Daniel. Nan­ti bergantung Pak Ridwan,” tuturnya.