Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalPagi Ini, Jokowi Resmikan Kereta Bandara

Pagi Ini, Jokowi Resmikan Kereta Bandara

BOGOR DAILY-Presiden Joko Widodo () segera meresmikan Soekarno-Hatta pagi ini. Kereta ini juga melayani perjalanan secara normal mulai hari ini, setelah sebelumnya sejak 26 Desember dalam masa uji coba.

meresmikan moda transportasi untuk pekerja kantoran ini di ‘Integrated Building' Bandara yang terletak di Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (2/12/2017) pukul 09.00 WIB pagi.

Pagi ini, umbul-umbul biru pengoperasian sudah terpasang. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah berjaga-jaga di lokasi, tempat yang terhubung dengan moda transportasi skytrain ke terminal-terminal Bandara.

ini dioperasikan oleh PT Ralink. Ongkosnya mulai hari ini sebesar Rp 70 ribu, setelah sebelumnya pada masa uji coba seharga Rp 30 ribu. Cara bayarnya adalah nontunai lewat mesin pembelian.

Perjalanan melayani 42 perjalanan yang dimulai pada pukul 03.51 WIB – 21.51 WIB dengan rute Stasiun Sudirman Baru (BNI City) sampai dengan Soekarno-Hatta dan 06.10 WIB-23.10 WIB rute Soekarno-Hatta sampai dengan Stasiun Sudirman Baru (BNI City) dengan headway (jarak antarkereta) setiap 30 menit sampai dengan 1 jam sekali. Waktu tempuh perjalanan sekitar 45 menit.

Selain Stasiun Sudirman Baru, ada pula stasiun lain yang nantinya bakal dioperasikan, yakni Stasiun Duri dan Stasiun Batuceper.

Pembangunan proyek Soekarno-Hatta sepanjang 36,4 km menelan dana investasi sebesar Rp 5 triliun. Dana investasi tersebut di antaranya berasal dari Railink Rp 1,7 triliun untuk pembebasan tanah, KAI Rp 2,5 triliun, dan Angkasa Pura II Rp 800 miliar.