Friday, 29 March 2024
HomeBeritaBrutal.. Aksi Kudeta Turki, 60 Warga Sipil Tewas

Brutal.. Aksi Kudeta Turki, 60 Warga Sipil Tewas

BOGORDAILY – Aksi kudeta di Turki terus memakan korban yang jumlah semakin bertambah. Sejauh ini, tercatat 60 orang tewas dalam kekerasan yang terjadi saat kudeta tersebut.

Seorang pejabat senior Turki menyampaikan hal tersebut seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (16/7/2016). Dikatakan pejabat tersebut, sebagian besar dari mereka yang tewas adalah warga sipil. Namun pejabat tersebut tidak memberikan keterangan lebih detail.

Sebelumnya dilaporkan, sebanyak 42 orang tewas di ibukota Ankara selama percobaan kudeta yang dimulai pada Jumat, 15 Juli malam waktu setempat.

Kudeta ini memang hanya terjadi beberapa jam saja. Kudeta tidak didukung militer sepenuhnya. Angkatan Darat dan Angkatan Laut Turki yang merupakan kekuatan penting, tidak sepenuhnya berada di faksi militer yang melakukan kudeta.

Seperti pernyataan dari Komandan pasukan khusus Militer Turki, Jenderal Zekai Aksakalli yang menegaskan tidak merestui kudeta terhadap pemerintah. Dalam pernyataannya, Jenderal Zekai menegaskan, kudeta tidak akan berhasil dan pasukan khususnya mendukung masyarakat. Situasi di Turki kini perlahan normal pasca kudeta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here