Wow.. Ada Kampung Khusus Nikah Siri di Bogor

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Di Bogor apa aja ada termasuk yang unik dan agak diluar lumrah. Ada kampung janda, dan kampung gambar.

Selain dua kampung itu di Bogor ternyata ada juga kampung khusus Nikah Siri. Isinya, anak-anak Abg yang usianya beli tapi sudah menggendong anak.

Read More

Lokasinya ada di Kampung Wangun 3 Cileungsi, Desa Ka­rangtengah, Kecamatan Ba­bakanmadang.
Hampir di setiap RT di kampung ini, banyak ditemukan wanita usia dini berusia 15 tahun telah menikah. Bahkan ada juga yang telah menjadi janda.

Rata-rata para wanita tersebut di­nikahkan sejak lulus SD atau SMP. “Kalau di sini, wanitanya rata-rata dinikahkan di umur 15-17 tahun dan sudah men­jadi budaya,” ujar warga se­tempat.

Ibu satu anak ini menjelaskan, wanita di daerahnya itu jika sudah pacaran langsung minta serah uang (tunangan, red) demi menjaga hal yang tak diinginkan terjadi.

“Orang tua di sini itu masih sangat kental memegang teguh aja­ran agama dan takut anaknya hamil di luar nikah. Makanya kalau ada yang pacaran itu rata-rata paling lama di sini cuma tiga bulan,” bebernya.

Dia menjelaskan, lantaran saat ini ada peraturan dan la­rangan nikah di bawah umur, maka warga di desanya me­langsungkan pernikahan siri yang sah di mata agama. Jika telah berumur 17 tahun, baru­lah nikah resmi di KUA.

“Sejak adanya larangan nikah di bawah umur, biasanya mereka nikah hanya memakai amil saja,” pungkasnya.

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *