Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalIni Kata Pakar Telematika soal Chat Habib Rizieq dan Firza Husein

Ini Kata Pakar Telematika soal Chat Habib Rizieq dan Firza Husein

BOGORDAILY – Kemunculan foto-foto percakapan (chat) seks diduga milik Rizieq Shihab dan , menyedot perhatian. Meski kedua belah pihak telah membantah, ada sejumlah orang yang menduga bahwa chat tersebut asli milik mereka. Apa kata pakar telematika tentang chat Habib Riziek dan Frida Husein.

Pengacara Rizieq membantah chat seks itu milik kliennya. Ia berdalih bahwa telepon genggam Rizieq dikloning orang tak bertanggungjawab. Lalu bagaimana cara membuktikan kebenaran keaslian chat tersebut?

Menurut pakar telematika, Heru Sutadi, ada banyak cara untuk membutikan keaslian chat seks diduga milik Rizieq Shihab dan . Pertama, harus memeriksa secara langsung ponsel kedua orang yang terlibat dalam percakapan tersebut.

Mengingat kemajuan ilmu forensik saat ini, informasi apa pun yang sudah dihapus dari ponsel masih ada kemungkinan bisa dikembalikan, kecuali sudah diformat.

“Kita harus memeriksa secara langsung kedua ponsel Rizieq dan Firza. Meski sudah dihapus sekalipun, data-datanya masih bisa diambil, kecuali ponselnya sudah diformat,” jelas Heru seperti dilansir Liputan6.com, Selasa (31/1/2017).

Jika chat itu tidak asli, ada kemungkinan pihak tak bertanggungjawab merekayasa chat keduanya. Saat ini, kata Heru, ada sejumlah aplikasi chat palsu yang tampak mirip dengan aslinya.

“Tidak menutup kemungkinan ini bisa direkayasa, mengingat video yang beredar juga merupakan hasil screenshot. Kita harus menunggu semuanya dibuktikan terlebih dahulu,” tuturnya.

Karena belum ada konfirmasi soal keaslian chat itu, Heru mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar.

“Masyarakat jangan mudah percaya, karena ini bisa menimbulkan kemarahan, adu domba dan membuat suasana panas. Masyarakat harus cerdik, harus menunggu kepastian soal keaslian chat tersebut,” ungkap Heru.(bd)

Video klarifikasi Perwakilan :

https://www.youtube.com/watch?v=XyHaXiZfHYE

Video keluhan Hp-nya Dikloning:

https://www.youtube.com/watch?v=8SQbgCgqREU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here