Tuesday, 23 April 2024
HomeKabupaten BogorAkibat Diguyur Hujan, Sejumlah Rumah Di Bogor Ambruk

Akibat Diguyur Hujan, Sejumlah Rumah Di Bogor Ambruk

BOGORDAILY – Puluhan kepala keluarga (KK) di Kampung Cipanas, Desa Leuwibatu, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor mengungsi akibat terjadi pergerakan tanah dicampur dengan banjir lumpur. Bencana yang terjadi pada Selasa 22 Februari 2017 tersebut mengakibatkan lima rumah ambruk dan belasan lain rusak.

Asep Usman, Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, menyebutkan, ada 25 KK yang mengungsi akibat bencana tanah longsor dan pergerakan tanah di Kampung Cipanas.

Untuk penanganan korban, seluruh warga yang terdampak sebagian besar diungsikan ke kantor desa, sedangkan sisanya tinggal bersama sanak saudaranya.

“Di area kantor desa kami sudah mendirikan dapur umum dan mengirim bantuan logistik dan air bersih satu truk tangki,” kata Usman, Rabu (22/2/2017).

Sementara data yang dihimpun, dari 20 rumah yang terdampak, 5 unit di antaranya ambruk dan 15 unit rusak sedang.

“Bencana ini terjadi akibat yang terus mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak dua pekan terakhir,” kata dia.

Hingga saat ini, tim gabungan dan warga masih belum membersihkan maupun menyelamatkan harta benda milik para korban. Ini disebabkan karena curah di wilayah tersebut cukup tinggi, ditambah ketinggian tebing tanah di dusun itu sangat curam.

“Dari kemarin sore sampai siang tadi tidak jadi ke lokasi karena terus dan rawan longsor susulan,” ujar Usman.

 

liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here