Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalGP Ansor: Soal Kiai Maruf Kami Tidak Akan Tinggal Diam!!

GP Ansor: Soal Kiai Maruf Kami Tidak Akan Tinggal Diam!!

BOGORDAILY- Kalangan Nahdliyin memprotes keras sikap terdakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kepada Ma'ruf Amin. Sikap Ahok dan tim kuasa hukumnya kepada Ma'ruf Amin saat persidangan pada Selasa (1/2/2017) kemarin dinilai tidak pantas dan melukai kader Nadhlatul Ulama.

“Itu ucapaan (Ahok) tidak pantas meskipun itu di pengadilan. Status Kiai Ma'ruf itu Ketum MUI, pimpinan tertinggi NU. Ini yang kami sikapi. Sikap (Ahok) terlalu kasar, apalagi bernada mengancam,” kata Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut C. Qoumas kepada wartawan, Rabu (1/2/2017).

Sikap Ahok kepada Kiai Ma'ruf tersebut, kata Yaqut, menimbulkan respons beragam dari kader GP Ansor di daerah. Ada yang ingin datang ke Jakarta dan menggelar aksi besar. Pengurus Pusat GP Ansor meminta kadernya di daerah untuk melakukan konsolidasi dan tidak bergerak sebelum ada komando dari pusat.

“Tunggu komando dari pusat, supaya tidak bertindak sendiri-sendiri, supaya responsnya terukur,” kata pria yang akrab disapa tersebut.

Pengurus Pusat GP Ansor pun telah mengeluarkan pernyataan resmi. Dalam sikap resminya GP Ansor menyayangkan sikap, perilaku maupun kata-kata dari Ahok maupun tim pengacaranya kepada GP Ansor.

Meskipun sikap dan kata-kata disampaikan untuk menolak keterangan kiai Ma'ruf Amin sebagai saksi Ahli. Namun hal itu justru memelintir situasi dan seolah-olah menempatkan Kiai Ma'ruf sebagai Terdakwa.

“Bahkan cecaran-cecaran pertanyaan maupun tuduhan serta kata-kata kasar yang ditujukan kepada Kiai Ma'ruf Amin lebih merupakan sikap yang menontonkan Argumentum Ad Hominem – atau menyerang pribadi Kiai Ma'ruf dari pada mematahkan argumen yang terkait keahlian beliau,” kata Yaqut.

“GP Ansor tidak akan tinggal diam dan dengan ini menyatakan siap mendampingi dan membela Kyai Ma'ruf Amin, sebagai pimpinan tertinggi kami, secara lahir dan batin dalam koridor hukum; dan menyerukan kepada seluruh kader Ansor dan Banser untuk siaga satu komando,” tambah Yaqut.

Sumber: detik

Link video detik-detik cecar Ma'ruf Amin:

https://www.youtube.com/watch?v=bGg33xYzEsk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here