Tuesday, 28 May 2024
HomeKota BogorKurangnya Kesadaran Pengunjung, Kebun Raya Bogor Hasilkan 10 ton Sampah Per Tanhunnya

Kurangnya Kesadaran Pengunjung, Kebun Raya Bogor Hasilkan 10 ton Sampah Per Tanhunnya

BOGORDAILY – Sampah menjadi masalah serius yang dihadapi . Sampah plastik dan kaleng di tempat wisata yang akan menginjak usia 200 tahun itu menyumbang rata-rata 10 ton sampah tiap tahunnya.

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) , Didik Widyatmoko mengatakan, sampah-sampah tersebut berasal dari pengunjung . Didik menganggap, pengunjung belum memiliki kepedulian dan kesadaran.

Didik menjelaskan, jumlah sampah plastik dan kaleng di cukup signifikan. Rata-rata terkumpul 10 ton sampah per tahun. Jumlah itu terus meningkat setiap tahunnya, bahkan bisa lebih dari 10 ton.

“Setiap tahunnya 10 ton sampah plastik dan kaleng terkumpul di sini (). Kondisi itu merusak keindahan serta kebersihan dan kerapihan,” ungkap Didik, Minggu (26/2/2017).

Sebagai bentuk kepedulian, sambung Didik, pihaknya bertekad mengambil peran untuk program nasional Indonesia Bebas Sampah tahun 2020.

Ia mengajak sejumlah komunitas lingkungan hidup untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah dan mendaur ulang sampah menjadi hasil karya yang bermanfaat.

“Kita tentu sangat berharap sampah-sampah ini dapat ditekan dan dimanfaatkan, serta yang tidak kalah penting akan semakin menyulut perkembangan bank sampah dan komunitas-komunitas peduli sampah dengan program 3R (reduce, reuse, recycle) di Kota Bogor”, jelasnya.

Ia berharap, Pemerintah Kota Bogor juga ikut terdorong memiliki program istimewa untuk mengatasi masalah sampah perkotaan.

“Bandung misalnya, memiliki GPS (Gerakan Pungut Sampah). Depok Zero Waste dengan Partai Ember (ekonomis, mudah dan bersih),” kata dia. (kom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here