Friday, 19 April 2024
HomeNasionalPBNU Garap Film Tentang Sejarah Islam Nusantara

PBNU Garap Film Tentang Sejarah Islam Nusantara

BOGORDAILY – Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) KH Ma'ruf Amien mengatakan NU sedang mempersiapkan pembuatan yang berceritera tentang tumbuh-kembangnya agama Islam di Nusantara.

“Sudah kami persiapkan dengan matang. Sutradaranya berasal dari Australia,” kata Ma'ruf kepada awak media usai peluncuran program Pendidikan Kitab Kuning di sekolah umum di Purwakarta, Kamis, 23 Pebruari 2017.

Sutradara, ujar Kiai Ma'ruf, sudah menyelesaikan penelitian lapangan ke sejumlah pesantren di tanah air. “Babakan, contohnya, dalam bentuk dokumenter sebuah pesantren di Jawa Timur. Sudah selesai digarap dan sudah diputar di kantor ,” kata Ma'ruf.

layar lebar Islam Nusantara, kata Ma'ruf, menceritakan bagaimana pesantren menjadi basis pembelajaran umat Islam yang sangat strategis sebelum dan pascakemerdekaan.

Pesantren dengan kultur tradisonalnya dan kajian khas kitab kuningnya yang kaya dengan proses empirik, telah menghasilkan para ustad, kiai dan ulama besar di tanah air yang cerdas, tangguh dan rendah hati. “Mereka juga memiliki komitmen yang tegas dan kuat tentang bagaimana merawat dan menjaga niliai-nilai kebangsaan yang penuh kedamaian dan toleran,” tutur Ma'ruf.

Ulama sepuh kelahiran Banten dan masih keturunan Prabu Siliwangi dari klan Prabu Geusan Ulun Sumedang itu menuturkan, Islam Nusantara akan mengungkapkan bagaimana kehebatan kitab kuning sebagai rujukan tentang masalah kenegaraan, sosial politik, kebudayaan, kesehatan, astronomi, kedokteran, bahkan masa-masa kebangkitan Prancis. “ tersebut, nantinya akan kami putar di seluruh dunia.”

Tujuannya, kata Ma'ruf, supaya masyarakat dunia mengetahui bahwa Indonesia kini sedang bergerak maju dengan kekuatan kutub pesantren dan kajian kitab kuning sebagai dasarnya.

TEMPO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here