Thursday, 25 July 2024
HomeKota BogorSiswa di Bogor Dilarang Rayakan Valentine, Kecuali Kasih Cokelat, Itu Boleh...

Siswa di Bogor Dilarang Rayakan Valentine, Kecuali Kasih Cokelat, Itu Boleh…

BOGORDAILY- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor melarang para siswa tidak merayakan hari kasih sayang atau valentine day yang biasa dirayakan setiap 14 Februari.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin dalam keterangannya menuturkan, perayaan valentine di kalangan siswa atau remaja dikhawatirkan menyimpang dari norma-norma sosial.

“Hari jumat kemarin, sudah kami buat surat imbauannya dan hari ini kami sebarkan. Begitupun secara lisan, sudah saya sampaikan saat pertemuan pengelolaan dana BOS,” ujar Fahrudin, Senin (13/2/2017).

Fahrudin menilai, pihaknya khawatir perayaan hari kasih sayang disalah artikan dengan tindakan yang menyimpang dari norma sosial. Lagi pula, Fahrudin berpendapat tidak ada penjelasan resmi tentang valentine day.

“Dalam rangka apa sih merayakan itu, bentuknya apa. Khawatir mereka merayakannya dengan kegiatan yang mengarah pada kebebasan pergaulan,” paparnya.

Dinas Pendidikan Kota Bogor sudah mewajibkan pihak sekolah menerangkan larangan ini kepada setiap siswa. Ia pun memberi kewenangan kepada pengelola sekolah untuk menegur siswa yang merayakan valentine day di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Namun, lanjut Fahrudin, pihaknya tidak melarang peserta didik untuk melakukan kegiatan yang masih dalam batas wajar, seperti memberikan cokelat kepada teman dengan tujuan untuk menjalin persaudaraan atau tujuan positif yang lainnya.

“Selama itu bermanfaat dan positif ya tidak kami larang, dipersilahkan saja, asal jangan keluar dari jalur,” jelasnya. (bs/tib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here