Tuesday, 21 May 2024
HomeKota BogorVideo: Heboh Puluhan Angkot Hasil Curian Berseleweran di Bogor

Video: Heboh Puluhan Angkot Hasil Curian Berseleweran di Bogor

BOGORDAILY- Ratusan angkutan perkotaan (angkot) yang biasa beroperasi di Kota terjaring dalam operasi yang dilakukan Satlantas Polresta Kota. Dari ratusan unit angkot yang diamankan, ada 62 unit angkot yang tidak dapat menunjukkan surat-surat.

Polisi menduga angkot tersebut merupakan hasil curian. Polisi akan menjerat sopir dan pemilik angkot dengan Pasal 480 KUHP tentang penadah barang hasil curian, dengan ancaman hukuman hingga lima tahun penjara.

“Untuk yang tidak mampu menunjukkan surat-surat, akan kita arahkan ke unsur pidana. Kita akan jerat dengan Pasal 480 KUHP tentang penadah barang hasil curian. Tentunya ini akan kita kembangkan jaringannya, tidak menutup kemungkinan bahwa ini adalah jaringan atau sindikat yang mengoperasikan angkot tanpa surat-surat.” kata Kapolresta Kota Kombes Suyudi Ario Seto di Mapolres Kota, Jumat (17/2/2017).

Suyudi mengatakan ratusan angkot tersebut dijaring dalam operasi yang digelar sejak 10 hari lalu. Operasi tersebut untuk menata sistem transportasi di Kota dan membangun budaya tertib lalu lintas. Angkot yang terjaring merupakan angkot yang kerap parkir dan ‘ngetem' di tempat yang dilarang.

“Berdasarkan pendalaman yang dilakukan oleh tim khusus yang dibentuk oleh Kasat Lantas juga didapat kendaraan yang tidak memiliki surat-surat dan kir yang mati. Kita juga bekerja sama dengan Dishub untuk menindaklanjuti kendaraan yang kirnya mati,” jelas Suyudi.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Kota Kompol Bramastyo Priaji mengatakan, dari 220 angkot yang diamankan, sudah ada 152 unit yang diurus oleh pemiliknya dan dipersilakan kembali beroperasi.

“Sementara sisanya belum bisa menunjukkan surat-surat, jumlahnya ada 62 unit, kita tunggu pemilik-pemilik angkotnya, apa punya surat atau tidak,” kata Bramastyo.

Pertumbuhan Kota yang tengah berkembang menjadi kota besar memiliki karakteristik permasalahan lalu lintas yang kompleks. Pertumbuhan jumlah kendaraan yang semakin meningkat tidak sebanding dengan pertumbuhan panjang jalan di Kota Hujan.

Hal ini membuat Kota kerap dilanda kemacetan. Apalagi pada saat akhir pekan, banyak kendaraan dari Jakarta yang hendak berlibur membuat kemacetan di bertambah parah.

“Banyaknya angkutan umum yang ngetem di bahu jalan menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan di . Di samping itu juga adanya pedagang kaki lima dan parkir liar, menambah kemacetan yang ada,” kata Bramanstyo.

Guna mengatasi kemacetan itu, jajaran Satlantas Polresta Bogor Kota melakukan razia yang ditingkatkan. Sasaran razia terutama angkot yang ngetem di pinggir jalan. (dtk/bd)

 

Link Video:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here