Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalBNN Bongkar Jaringan Narkoba Internasional, 1 Tewas Ditembak

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Internasional, 1 Tewas Ditembak

BOGORDAILY – Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil membongkar dan menangkap pelaku jaringan berskala internasional. Para pelaku yang berjumlah 10 orang ditangkap di beberapa tempat berbeda dan satu orang di antaranya tewas, pada Rabu, 1 Maret 2017.

Sebelum ditangkap, BNN melakukan pengintaian terhadap para pelaku selama 3 minggu. Pengintaian dilakukan dari Aceh hingga ke Sumatera Utara. “Tadi pagi (Rabu) sekitar jam 10, kita mencurigai empat kendaraan masuk dari Aceh ke Medan,” ujar Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Inspektur Jenderal Arman Depari, saat konferensi pers di kantor BPBD, Rabu.

Arman menjelaskan saat keempat mobil yang dicurigai sampai di Jalan Medan-Binjai KM. 10,3, petugas berusaha menghentikan mobil tersebut. Namun salah satu mobil berusaha melarikan diri, meski petugas sempat melancarkan tembakan peringatan. Sebab itu, petugas langsung mengarahkan tembakan ke arah kendaraan.

Akibat tembakan petugas, satu dari dua orang pelaku dinyatakan tewas. “Satu orang tewas karena berusaha melarikan diri dari petugas. Dari dalam mobil, kita temukan 38 bungkus jenis sabu-sabu,” ujar Arman.

Pelaku yang tewas dan yang ditangkap langsung dievakuasi petugas ke halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara. Hal tersebut dilakukan karena lokasi kejadian tepat berada di depan Kantor BPBD. Selain itu, evakuasi juga dilakukan untuk menghindari kemacetan.

Dari informasi yang didapat dari para pelaku yang tertangkap, petugas melakukan pengembangan kedaerah Medan Johor, tepatnya disalah satu perumahan di Jalan Melinjo 3. Di sana petugas menciduk seorang pelaku berinisial H, bersama barang bukti sabu seberat 7 kilogram. Pelaku menyembunyikan sabu di dalam mobil Honda CRV miliknya.

Tidak sampai di situ, petugas bergerak ke daerah Medan Sunggal. Di sebuah rumah, petugas kembali mendapati sabu, ekstasi dan pil Happy Five.

Dari keseluruhan penangkapan yang dilakukan pada Rabu, 1 Maret 2017, petugas total menyita 46,9 kilogram sabu-sabu yang dikemas dalam 59 bungkus plastik teh. Selain itu, turut diamankan 3.620 butir pil ekstasi, 455 butir happy five, timbangan dan alat komunikasi.

TEMPO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here