Tuesday, 23 April 2024
HomeKabupaten BogorGawat. Gizi Buruk Serang Balita-balita di Dramaga

Gawat. Gizi Buruk Serang Balita-balita di Dramaga

 BOGOR DAILY-  Dua asal Desa Cikarawang mengalami kasus dan seorang anak warga Desa Ciherang lumpuh sejak kecil aki­bat saraf motoriknya terganggu.

Camat Baehaki membenar­kan adanya yang mengalami ka­sus . Pihak desa bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesehatan pun sudah melakukan penanganan kepada tersebut yaitu Israt (19 bulan) warga Kampung Carangpulang RW 05 dan Shagila (16 bulan) warga Kampung Carangpulang RW 06, Desa Cikarawang.

Sedangkan Aliyah (9) warga Desa Ci­herang yang mengalami kelumpuhan sejak lahir, disarankan kader dengan istri kepala desa untuk membuat BPJS agar bisa dirawat di rumah sakit secara gratis. “Masalah kesehatan menjadi permasalahan bersama. Peran serta masyarakat juga penting, salah satunya membawa ke posyandu sehing­ga kesehatan bayinya bisa dicek,” be­bernya.

Terpisah, Kepala UPT Kesehatan Dra­maga Fitriyani menjelaskan, berdasarkan informasi dan data yang berhasil di­himpun, kasus penderita masih saja terjadi. Untuk mengatasi dua balita warga Desa Cikarawang yang kekurangan asupan gizi, UPT Kesehatan sudah melakukan penanganan dari mulai pemberian makanan tamba­han, pengecekan dan membawanya ke Litbang Gizi.

”Kami telah memberi pemahaman ke­pada para kader posyandu agar selalu menginformasikan jika ada kasus , termasuk penekanan kepada ibu hamil dan menyusui agar rajin ke posy­andu,” pungkasnya. (met/bd)