Saturday, 20 April 2024
HomeTravellingIni Lho Wajah Baru Underpass Stasiun Manggarai

Ini Lho Wajah Baru Underpass Stasiun Manggarai

BOGOR DAILY-   kini sudah banyak berubah. Apalagi setelah underpass selesai dibangun. Jika biasanya penumpang yang ingin menyeberang antar peron harus bersabar menunggu ketika ada kereta berhenti, kini  di setiap peron terdapat tangga underpass yang menghubungkan satu sama lain.
Peron 1 dan 2 untuk Commuter Line dengan tujuan Bekasi dan Jakarta Kota. Sedangkan peron 3, 4, 5, dan 6 untuk Commuter Line tujuan Bekasi, Tanah Abang, Duri, Depok, dan Bogor. Pada papan informasi juga terdapat penunjuk arah bagi penumpang.
Saat masuk, penampilan underpass memang masih terlihat baru. Ada beberapa bagian yang masih dalam . Selain itu, di setiap sudut underpass dipasang loudspeaker untuk memberikan informasi kepada penumpang.
Di beberapa sudut, sudah ada sebagai tempat eskalator. Namun belum terpasang. Wajah baru ini pun memberi kesan tersendiri bagi penumpan . Salah satunya, Silvia, yang merupakan mahasiswa perguruan tinggi. Dia mengatakan menyeberangi peron lewat underpass lebih memudahkannya. Kendati begitu, Sylvia menilai masih ada beberapa kekurangan.
“Menggunakan jalur kereta bawah tenang lebih cepat. Kalau lewat atas lama. Harapan ke depannya ada musala, toilet, dan eskalator,” kata Sylvia.
Tak hanya anak muda yang mengungkapkan kemudahan menggunakan underpass . Rasmin (65), mengatakan underpass membantunya menyeberangi peron dengan lebih aman.
“Bagus ini. Jadi lebih cepat. Saya juga nggak capek kok. Daripada nyeberang lewat atas, ngeri. Cuma nanti kalau bisa ada perhatian buat orang tua, ibu hamil, atau orang yang bawa barang banyak,” ujar Rasmin.
Selain di Manggarai, Commuter Jabodetabek (KCJ) tengah membangun 7 underpass di 7 stasiun untuk mempermudah penumpang menyeberangi antarperon.
Tujuh stasiun tersebut antara lain Stasiun Tebet, Stasiun Cilebut, Stasiun Citayam, Stasiun Bojonggede, Stasiun Sudimara, dan Stasiun Pondok Ranji. Stasiun-stasiun tersebut diprioritaskan karena dianggap memiliki pertumbuhan jumlah penumpang yang tinggi (dtk/bd)
sumber: detik.com