Thursday, 25 July 2024
HomeKota BogorIni Sosok AKBP Rantau yang jadi Wakapolresta Bogor Kota Baru

Ini Sosok AKBP Rantau yang jadi Wakapolresta Bogor Kota Baru

BOGOR DAILY-   Tubuh Polri kembali diotak-atik. Termasuk jabatan petinggi di . Nama AKBP Rantau Isnur Eka disebut-sebut bakal menduduki jabatan barunya sebagai Wakapolresta Bogor Kota Polda Jawa Barat. Namun, munculnya telegram Polri soal mutasi tidak menghalangi sepak terjang AKBP Rantau  meemrangi kejahatan di wilayah hukum, tempatnya dulu ditugaskan,

Beberapa hari sebelum pindah tugas, Jumat (17/3/2017) sekitar pukul 23.00, mantan Kasubdit Propam Polda Sumsel yang juga Kapolres Lahat itu  turun tangan ke lapangan bersama beberapa anggotanya. Ia ikut mengejar dan menangkap komplotan pelaku kejahatan pencurian dengan kekerasan (Curas) lintas daerah yang sudah meresahkan.

Hasilnya,  tiga orang pelaku serta seorang perempuan dan seorang anak kecil yang saat itu berada di mobil Innova hitam profit BG 7164 XX serta dipersenjatai senjata api rakitan (senpira) akhirnya pun berhasil dilumpuhkan dan diamankan.

Menurut keterangan AKBP Rantau, aksi penangkapan yang dilakukannya tersebut berawal saat ia bersama tujuh anggotanya pulang bertakjiah dari rumah ibunda Ketua DPRD Lahat di Desa Bunga Mas Kecamatan Kikim Timur.
Namun, dalam perjalanan, tiba-tiba ia mendapat kabar melalui handytalky (HT) ada pelaku Curas yang merupakan Target Operasi (TO) Polres Musi Rawas (Mura) melarikan diri dengan masuk ke wilayah Lahat.
“Mendapatkan laporan tersebut termasuk berikut ciri-ciri mobil yang digunakan pelaku untuk kabur, saya pun langsung memerintah seluruh jajaran Kapolsek untuk melakukan razia terhadap mobil yang dicurigai tersebut,”tuturnya.

Tak selang berapa lama, dikatakan Rantau, mobil yang terindikasi dicurigai milik pelaku tersebut pun akhirnya diketahui berada di sebuah kafe remang-remang pinggir jalan yang berada di wilayah Kikim Barat.

Dan setelah mengetahui hal tersebut, ia yang saat itu dari Kikim Timur pun langsung menuju ke Kikim Barat.
Namun, sebelum pihaknya sampai ke lokasi, para pelaku yang terindikasi juga dipersenjatai Senpi tersebut telah terlebih dahulu bergerak meninggalkan lokasi menuju arah Kikim Timur.

“Mengetahui hal tersebut, saya yang saat itu bersama tujuh orang anggota saya yang menggunakan dua unit mobil langsung mengambil kesimpulan untuk menyetop dan menghadangnya di tengah jalan dengan mengatur mobil pertama di sebelah kiri dibuat barikade/perintang agar mobil pelaku tidak bisa lewat dan terkunci,” terangnya.

Rupanya, masih dikatakan Rantau, hal tersebut masih belum sepenuhnya membuat para pelaku untuk menyerah.
Bahkan, meskipun sudah diberikan tembakan peringatan, para pelaku masih tetap berusaha hendak menerobos barikade.

“Karena itu, kita pun akhirnya mengeluarkan tembakan yang kedua kali dan saat itulah pelaku menghentikan laju kendaraannya dan kemudian semua tiarap ke tanah langsung kita amankan ke Polsek terdekat di Kikim Tengah,” ungkapnya.

Aksi polisi berhasil melumpuhkan pelaku pencurian dengan kekerasan

Sementara itu, Brigadir Sefrianto didampingi Brigadir Andi Riza P saat dimintai keterangan menjelaskan, pelaku tindak kejahatan tersebut bisa langsung diamankan lantaran sudah dikepung dan dijaga di Jalan Lintas Timur.

“Semalam dari ngawal pak Kapolres Takjiah di rumah duka almarhumah dari ibu Ketua DPRD Lahat di Desa Bunga Mas. Mendapat info adanya tindakan Curas tersebut, kami beserta pak Kapolres dan pak Kapolsek Kikim Timur langsung melakukan penghadangan dan berhasil mengamankan ada lima orang di dalam kendaraan tersebut salah satunya ada anak kecil,” jelasnya.
Sedangkan, Kapolsek Kikim Timur, IPTU P Freddy Rajagukguk yang ikut mendampingi Kapolres Lahat dalam pengejaran, saat dimintai keterangan membenarkan penangkapan pelaku tindak kejahatan tersebut. “Benar, pelaku dan kendaraan yang digunakan untuk kejahatan tersebut sudah berhasil kita amankan,” jelasnya.
Dari penangkapan tersebut, dikatakan Feeddy, ada lima orang yang diamankan diantaranya tiga lelaki dewasa satu perempuan dan anak kecil sekira umur 10 tahun. “Dari kelima penumpang ada satu pelaku yang diamankan bernama Subhan sedangkan, laki-laki lainnya masih dalam pemeriksaa. Pelaku sudah dibawah ke Polsek Nibung Muratara,”tandasnya. (bd)